Find Us On Social Media :

Satu Indonesia Kena Tipu, Bayam Justru Bukan Golongan Sayuran yang Punya Kandungan Zat Besi Tinggi, Ini Faktanya

By Lina Sofia, Jumat, 22 April 2022 | 13:42 WIB

Ilustrasi bayam

GridPop.ID - Bayam dikenal sebagai sayuran yang sehat.

Apalagi jika mengonsumsinya setiap hari, bayam memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Mitos yang beredar di masyarakat selama ini bahwa bayam merupakan sumber makanan yang baik karena kandungan zat besinya yang tinggi.

Jika menilik berapa banyak zat besi yang dimiliki oleh sebuah makanan agar dapat dikatakan tinggi zat besi, bayam ternyata kurang tepat untuk dapat masuk di kategori tersebut.

Dilansir dari Kompas.com, untuk mengklaim bahwa makanan adalah “sumber” zat besi, setiap porsi 100g harus mengandung setidaknya 15 persen dari asupan harian yang direkomendasikan, yaitu 14 mg.

European Commission mengatakan bahwa makanan yang dapat digolongkan sebagai “tinggi” zat besi perlu memiliki dua kali lipat jumlah ini.

Dibandingkan sayuran berdaun kale, kandungan zat besi bayam memang lebih tinggi, jatuh diantara 2,1 dan 2,7 mg/100 g.

Namun, ini jauh dari 4.2 mg/100 g yang dibutuhkan untuk menyatakan makanan “tinggi zat besi”.

Dengan kata lain, yang paling tepat mungkin dengan mengatakan bayam merupakan “sumber” zat besi dan bukan “tinggi” zat besi.

Awal mula mitos bayam tinggi zat besi Artikel McGill Office for Science and Society turut mengatakan bahwa mitos ini beredar karena salah penulisan pada titik desimal saat seorang ilmuwan Jerman pada tahun 1800-an yang membuat penelitian kadar besi dari bayam.

Baca Juga: Resep Menu Sahur Praktis: Cah Bayam Jamur Tiram, Hidangan Sederhana Bergizi Tinggi untuk Bekal Puasa Hari Ini