Find Us On Social Media :

Dompet Anti Jebol, Begini 4 Tips Atur Keuangan Setelah Libur Panjang Cuti Bersama Lebaran 2022, Ternyata Intinya di Sini!

By Arif B, Senin, 2 Mei 2022 | 08:31 WIB

Ilustrasi Lebaran

GridPop.ID - Lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu umat muslim karena bisa kumpul dengan keluarga merayakan hari kemenangan bersama.

Namun biasanya suka cita cuma terjadi sebentar karena setelah libur Lebaran banyak yang pusing pengeluaran membengkak.

Bagaimana tidak, selain harus menyiapkan uang untuk biaya mudik, di kampung halaman juga biasanya ada tradisi salam tempel.

Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau Lebaran 2022 sudah di depan mata.

Seperti yang dilansir dari Kompas.com, Pimpinan pusat (PP) Muhammadiyah telah mengumumkan penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Bila dihitung mundur dari hari ini, Sabtu (23/04/2022), maka Lebaran 2022 kurang 9 hari lagi.

Sementara itu, pemerintah rencananya sidang isbat akan dilakukan di Auditorium HM Rasjidi Kementeran Agama pada Minggu (1/5/2022).

Agar kondisi dompet tetap aman setelah libur Lebaran, berikut ada beberapa tips mengatur keuangan seperti yang dilansir dari Kontan.co.id.

1. Kembali ingat hakikat Ramadan dan Lebaran Bulan

Baca Juga: Wajib Disimak! Ini Syarat dan Aturan Lengkap Mudik Lebaran 2022 untuk Kendaraan Pribadi, Kereta Api dan Pesawat, Ada Aturan Tambahan Bagi Anak Usia di Bawah 18 Tahun

Ramadan yang ditandai dengan puasa, diakhiri dengan Lebaran merupakan momentum bagi umat Islam agar bisa merefleksikan diri, berbagi kebaikan dengan sesama, dan tak kalah penting adalah mengasah empati.

Sayangnya, hakikat Ramadan dan Lebaran sering kali ditandai dengan perilaku konsumtif, bahkan masa pandemi ini pun tidak menyurutkan hal ini. Oleh karena itu, sebaiknya kita pahami lagi apa sebenarnya hakikat Ramadan dan Lebaran.