Find Us On Social Media :

Telan Pil Pahit di PHK Secara Lisan, Pekerja Ini Langsung Dipecat Atasan usai Pertanyakan Kepastian Soal THR: Alasan Tidak Jelas

By Luvy Octaviani, Kamis, 28 April 2022 | 09:31 WIB

Ilustrasi THR

GridPop.ID - THR (Tunjangan Hari Raya) merupakan hal yang dinantikan bagi para pekerja.

Dilansir dari laman tribunbisnis.com, Pemerintah akhirnya mewajibkan perusahaan untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan kepada karyawannya minimal 7 hari sebelum Lebaran.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Nomor M/2/HK.04/IV/2022 tanggal 6 April 2022 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Tahun 2022 Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Berdasarkan pada SE tersebut, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, mewajibkan pengusaha untuk memberi THR sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Yaitu peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan, dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja atau Buruh di Perusahaan.

"Mewajibkan pengusaha untuk memberi THR sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pemberian THR keagamaan bagi pekerja atau buruh merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja atau buruh dan keluarganya dalam merayakan hari raya keagamaan," kata Ida dalam konferensi pers virtual, Jumat (8/4).

Namun hal pahit jsutru dialami oleh pekerja ini saat mempertanyakan perihal THR ke perusahaan.

Dilansir dari laman suryamalang.com, Syamsul Arif Putra dipecat dari PT Karya Alam Selaras setelah mempertanyakan Tunjangan Hari Raya (THR).

Baca Juga: Cuma Bisa Pasrah, Pengantin Pria Ini Diam Tak Berkutik Saat Diikat dan Dicambuki Bersama 3 Pengiring Wanitanya, Alasannya Sungguh Tak Disangka