Find Us On Social Media :

Momen Langka! Tahun 2030 Mendatang Umat Muslim Bakal Rayakan 2 Kali Lebaran Idul FItri dalam Setahun, Simak Begini Penjelasan Ahli

By Lina Sofia, Senin, 2 Mei 2022 | 15:31 WIB

Lebaran idul fitri.

GridPop.ID - Umat muslim baru saja sampai pada hari kemenangan setelah 1 bulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Biasanya bulan suci Ramadhan datangnya setiap satu tahun sekali, namun, pernakah Anda membayangkan jika bulan Ramadan terjadi dua kali dalam satu tahun?

Rupanya beberapa tahun lagi, umat muslim akan merasakan peristiwa langka dimana Ramadhan dan lebaran akan terjadi dua kali dalam setahun.

Kok bisa? Simak penjelasannya berikut ini!

Bukan tidak mungkin, hal tersebut bahkan telah diungkapkan oleh astronom asal Arab Saudi Khaled al-Zaqaq pada Senin (11/4/2022).

Dilansir dari Kompas.com, setiap tahun pada kalender masehi, pada umumnya umat Islam merayakan kedatangan bulan suci Ramadhan satu kali dalam setahun.

Namun, fenomena yang cukup langka bisa terjadi pada tahun 2030.

Di tahun tersebut, umat Islam bisa merayakan bulan suci Ramadhan dua kali dalam setahun.

Itu artinya, akan ada dua kali ibadah puasa Ramadhan dalam satu tahun.

Baca Juga: Ide Menu Buka Puasa: Bakso Kuah Gepeng, Masakan Berkuah Nikmat yang Cocok Jadi Sajian Pembuka untuk Mengisi Perut Kosong

Dilansir dari The National News, Dr Hasan Al Hariri selaku Kepala Eksekutif Grup Astronomi Dubai juga mengatakan bahwa umat Muslim akan bertemu dengan bulan suci Ramadhan sebanyak 2 kali di tahun 2030, yakni pada Januari dan Desember 2030.

Meski begitu, fenomena ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, bulan Ramadhan juga pernah jatuh dua kali dalam setahun pada 1965 dan 1997.