Find Us On Social Media :

Kerap Dianggap Sepele, Simak 5 Dampak Mengerikan di Balik Lezatnya Makanan Bersantan yang Dihidangkan saat Lebaran, Plis Jangan Ngeyel!

By None, Minggu, 1 Mei 2022 | 03:02 WIB

Ilustrasi makanan bersantan

GridPop.ID - Siapa sih yang tak jatuh cinta dengan berbagai hidangan wajib saat Lebaran?

Ya, mulai dari makanan berlemak, bersantan hingga manis.

Hasrat untuk mencicipi berbagai menu makanan saat Hari Raya Idul Fitri pun sulit untuk dibendung.

Meski begitu sebaiknya batasi dalam mengonsumsi makanan yang mengandung santan, sebab lemak jenuh di dalamnya bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Jika dikonsumsi berlebihan, makanan bersantan bisa menimbulkan penyakit seperti stroke, darah tinggi, bahkan penyakit jantung koroner.

Berikut ini beberapa dampak negatif pada tubuh jika terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung santan.

1. Meningkatkan kolesterol

Meskipun banyak orang menganggap santan dan minyak kelapa sehat, sebenarnya santan dan minyak kelapa terbukti berdampak negatif pada kolesterol dan kesehatan jantung.

Setelah melakukan uji klinis terhadap santan kelapa, laporan dari Circulation menyimpulkan bahwa makanan bersantan secara signifikan meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Baca Juga: 30 Tahun Layani Pelanggan Bejibun, Restoran Arab Ini Ternyata Simpan Rahasia Menjijikan Siapkan Makanan di Kamar Mandi, Faktanya Bikin Syok!

Oleh karena itu, orang yang berisiko terkena penyakit kardiovaskular disarankan untuk berhati-hati saat mengonsumsi santan karena alasan ini.

2. Tinggi lemak jenuh