Find Us On Social Media :

Waspada! Sebaran Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Kini Kembali Meningkat, Satgas Covid-19 Ungkap Penyebabnya

By Lina Sofia, Selasa, 14 Juni 2022 | 08:32 WIB

Kasus COVID-19 di Indonesia kembali meningkat.

GridPop.ID - Tren kasus positif Covid-19 di Indonesia kini kembali meningkat.

Hingga sekarang pemerintah tetap merekomendasikan penggunaan masker di luar ruangan menjadi kebebasan masyarakat.

Dilansir dari Tribunnews.com, saat ini terjadi kenaikan kasus Covid-19 yang ditengarai adanya subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin aturan penggunaan masker di ruang terbuka menjadi salah satu kriteria transisi.

"Dari ini yang paling penting adalah kontrol diri. Jadi protokol kesehatan itu menjadi satu kebiasaan masing-masing masyarakat bukan sesuatu yang dipaksakan pemerintah," kata Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (13/6/2022).

Ia mengatakan, penting untuk disadari masyarakat bahwa saat yang tepat di mana transisi bisa terjadi.

"Jadi arahnya kita berikan adalah di luar ruangan tidak usah memakai masker.

Di dalam ruangan tertutup apalagi yang ventilasinya minim dan ber-AC, maka semua disarankan memakai masker," ungkapnya.

Kemudian, kalau di luar ruangan tapi kerumunannya banyak atau ada yang batuk-batuk atau ada yang merasa tidak sehat, disarankan memakai masker.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Indonesia Naik 500 Orang dalam 3 Hari, Menkes Minta Masyarakat Tak Usah Khawatir tapi Ahli Justru Soroti Hal Lain, Keselamatan Banyak Orang Disinggung!

"Demikian saya sebagai menteri kesehatan senang karena kesadaran masyarakat mengenai protokol kesehatan sudah terbentuk tanpa perlu dipaksa oleh pemerintah itu adalah ciri-ciri di mana masyarakatnya sudah bisa melakukan transisi dari pandemi, di mana tanggung jawab menjaga kesehatan pribadi tanggung jawab menjaga protokol kesehatan itu menjadi tanggung jawab masing-masing," kata dia.

Lantas, apa penyebab peningkatan kasus harian Covid-19?