Find Us On Social Media :

Satu Indonesia Tolong Waspada Jangan Sampai Tertular! Berikut 5 Cara Mencegah Penularan Cacar Monyet, Kenali Gejalanya Mulai Sekarang

By Luvy Octaviani, Selasa, 28 Juni 2022 | 14:33 WIB

Ilustrasi cacar monyet

GridPop.ID - Cacar monyet menjadi salah satu penyakit yang patut diwaspadai.

Oleh karena itu, masyarakat perlu mengetahui cara mencegah cacar monyet.

Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA) telah melaporkan keterkaitan kasus cacar monyet dengan perjalanan luar negeri pada 7 Mei 2022, dikutip dari Kompas.com (20/5/2022).

Orang yang terinfeksi penyakit cacar monyet tersebut tertular ketika berada di Nigeria.

Pejabat Kesehatan Amerika Serikat memperingatkan jika virus penyebab cacar monyet dapat berpotensi menyebar hingga ke luar Inggris.

Sejauh ini Inggris telah melaporkan adanya 9 kasus cacar monyet, Portugal 5 kasus terkonfirmasi dan lebih dari 20 kasus masih diduga cacar monyet, Amerika Serikat dengan satu kasus cacar monyet, serta Spanyol melaporkan 23 orang yang diduga terinfeksi penyakit cacar monyet.

Dilansir oleh kompas.com menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), cacar monyet merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh virus monkeyplox.

Virus ini termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae.

Kasus infeksi cacar monyet pertama kali ditemukan pada 1958, ketika dua wabah mirip cacar menginfeksi koloni monyet yang dipelihara untuk penelitian.

Baca Juga: 'Ini Arahnya Serius', Tak Jadi Pepet Desy Ratnasari, King Nassar Kini Dekati Sosok Wanita Cantik Jelita Berusia 15 Tahun Lebih Muda yang Miliki Latar Belakang Tak Main-main