Find Us On Social Media :

Apa Itu Haji Furoda? yang Buat 46 Calon Jemaah Haji Indonesia Batal Berangkat ke Tanah Suci, Ternyata Gara-gara Kesalahan Fatal Ini!

By Lina Sofia, Senin, 4 Juli 2022 | 16:03 WIB

Ilustrasi haji 2022

GridPop.ID - Tak perlu lagi antri 40 tahun untuk ibadah haji, ternyata ada haji furoda yang bisa langsung berangkat tanpa antre dan tidak ada kuota.

Seperti dilansir dari Tribunnews.com, pelaksanaan haji furoda adalah program perjalanan haji yang tidak memanfaatkan kuota haji reguler dari Pemerintah Indonesia.

Makna lainnya, jemaah calon haji berangkat dengan menggunakan visa undangan langsung dari pemerintah kerajaan Arab Saudi.

Namun, baru-baru ini Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief mengatakan, ada 46 WNI yang gagal berhaji karena memanfaatkan jatah visa haji mujamalah dari Malaysia dan Singapura.

Diduga, biro travel yang menawari mereka kuota haji furoda, mendapatkan visa haji yang tak terambil dari Malaysia dan Singapura.

Di imigrasi, ketidaknormalan ini akhirnya terpergok petugas karena dinilai menyalahi aturan.

"Mungkin ini cara lama. Biasanya bisa berhasil, tapi kali ini mereka apes, mereka ketahuan di meja imigrasi," kata Hilman, ditemui di Mekkah, Arab Saudi, Sabtu (2/7/2022).

Hilman bahkan menduga, kemungkinan ada rombongan dari mereka yang lolos, karena beda pemeriksaan.

"Surat visa haji itu kan sederhana. Hanya beda di tulisan dan angka saja. Sejujurnya kalau memeriksanya tidak teliti, cara seperti ini (pakai visa haji negara lain) memang bisa saja lolos," ujar Hilman.

Baca Juga: Padahal Tak Usah Susah Payah Antre, Rizky Billar Justru Tolak Tawaran Naik Haji Gratis, Terkuak Alasan Mengejutkan di Balik Keputusan Suami Lesti Kejora

Hilman pun mengaku iba dan prihatin dengan mereka. Punya niat mulia untuk berhaji, tapi gagal karena tak memahami prosedur dan risiko yang ada.

Hilman pun mengimbau warga Indonesia untuk tak cepat tergiur dengan tawaran haji furoda.