Find Us On Social Media :

Tips Hidup Bijaksana Mengantur Keuangan untuk Ibu Rumah Tangga, Kuncinya Komunikasi dengan Suami hingga Kontrol Diri

By Luvy Octaviani, Minggu, 24 Juli 2022 | 14:02 WIB

Ilustrasi mengatur keuangan

GridPop.ID - Tips hidup bijaksana mengatur keuangan ini bisa dijadikan patokan bagi kalian yang sudah membina rumah tangga.Sebagai ibu rumah tangga, tips hidup bijaksana mengatur keuangan sangat penting untuk dilakukan.Nah, berikut ini tips bijaksana mengatur keuangan untuk ibu rumah tangga.Rumah tangga dengan satu sumber keuangan perlu untuk mengatur pengeluaran dengan teliti. Ibu rumah tangga diwajibkan untuk memperhatikan arus pengeluaran rumah tangga dengan saksama agar kesehatan finansial terjaga. Islamic Financial Planner Dewi RD Amelia mengatakan, rumah tangga dengan pendapatan tunggal (single income) memiliki berbagai variasi pembagian pengeluaran. "Ada rumah tangga yang 100 persen pendapatannya diberikan dan diatur oleh istri. Kemudian, nanti suami dikasih jatah. Ada yang modelnya suami memberi nafkah, misal 70 persen diberikan kepada istri dan 30 persen dipegang suami," jelas dia dalam acara edukasi Semakin Jago Kelola Keuangan Secara Syariah, Sabtu (23/7/2022) dikutip dari laman kompas.com.Selain itu, untuk rumah tangga yang memiliki cicilan, suami bisa mengambil 50 persen untuk cicilan dan 50 persen sisanya diberikan kepada istri untuk keperluan rumah.

"Pembagian bagaimana? Komunikasikan dengan suami. Misal tiap bulan ada jatah, buat bayar apa aja. Misal punya cicilan, atau suami sudah pegang buat cicilan," imbuh dia.

Baca Juga: Video Panas Pamer Buah Dada Mirip Dirinya Viral, Presenter Kondang Ini Diancam sang Penyebar: Transfer Rp 5 Juta Urusan Kita Beres!