Find Us On Social Media :

Tips Hidup: Cara Merawat Gigi Balita yang Benar, Dokter Gigi Spesialis Anak Ingatkan 2 Hal Penting Ini untuk Orangtua Agar Gigi Bayi Tak Bolong dan Keropos

By Lina Sofia, Sabtu, 30 Juli 2022 | 16:32 WIB

Gigi bayi

GridPop.ID - Bagi para ibu-ibu, merawat gigi balita memang susah-susah gampang untuk dilakukan.

Keinginan orangtua agar gigi anak bersih terkadang jadi sulit didapatkan karena kebiasaan yang dilakukan oleh anak-anak seperti jarang membersihkan gigi.

Selain tidak optimalnya perawatan gigi, ternyata konsumsi makanan dan minuman juga menjadi salah satu faktor rusaknya gigi.

Dilansir dari GridHealth.ID, dokter gigi spesialis anak, drg. Annisa Rizki Amalia, Sp.KGA, membagikan tips hidup merawat gigi balita yang baik dan benar.

Agar gigi anak balita terawat dengan baik, orangtua perlu memerhatikan tekstur makanan yang dikonsumsinya.

"Berikan tesktur makanan anak sesuai dengan usianya. Kenapa? Karena itu dapat memicu pertumbuhan rahang yang baik," kata dokter Annisa kepada GridHEALTH, Selasa (26/7/2022).

Selain itu, jika anak masih menyusui atau di bawah usia 2 tahun. Maka sebaiknya tetap pertahankan ASI ekslusif.

Disamping pemberian makanan pendamping ASI (MPASI), menyusui secara langsung tetap baik bagi pertumbuhan dan kesehatan gigi anak.

Mengajarkan dan membiasakan cara makan yang tepat, juga penting dalam merawat kesehatan gigi anak.

Baca Juga: Tips Hidup Dengan Rahim yang Sehat, Tolong Mulai Sekarang Hindari Konsumsi 5 Makanan dan Minuman yang Disukai Sejuta Umat Ini

"Biasakan dua cara makan, yaitu menggigit atau kita kenal dengan bitting, kemudian mengunyah atau dikenal dengan chewing," ujarnya.

Kedua cara makan tersebut, dapat membuat gigi, rahang, dan wajah anak berkembang dengan optimal.

"Jadi kalau anak sukanya makan yang lembut-lembut, terus maunya ngemut, biasanya rahangnya sempit," jelas dokter Annisa.