Find Us On Social Media :

Tips Hidup Agar Terhindar dari Masalah Serius yang Disebabkan Plak Gigi, Salah Satunya Jangan Skip Lakukan Hal Ini Sebelum Menggosok Gigi

By Ekawati Tyas, Rabu, 3 Agustus 2022 | 11:22 WIB

Cara mengatasi plak gigi dengan cara alami.

GridPop.ID - Plak gigi menjadi salah satu masalah kesehatan gigi yang banyak dialami orang.

Apalagi plak gigi yang sudah menumpuk akan menyebabkan peradangan gusi hingga berujung pada munculnya penyakit di organ tubuh lain.

Melansir Tribun Manado, plak gigi sendiri adalah lapisan lembut dan lengket yang terbentuk di bagian luar gigi dan di sepanjang garis gusi.

Kemudian saat makan, maka bakteri di mulut akan memecah karbohidrat dari makanan menjadi asam.

Saat zat asam bercampur dengan sisa partikel makanan dan air liur, maka selanjutnya akan membentuk plak gigi.

Nah, jika kamu tidak memperhatikan kebersihan gigi, maka plak gigi dapat berubah menjadi zat keras berwarna kuning-coklat yang kemudian disebut karang gigi.

drg Sri Angky Soekanto dari Fakultas Kedokteran Gigi Fakultas Universitas Indonesia menerangkan, penumpukan plak yang tidak diberikan tindakan maka dapat berbahaya.

"Penyakit gusi atau karies dapat terjadi karena adanya timbunan plak yang terbentuk dari kumpulan bakteri dan sisa-sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi," ujar perempuan yang akrab disapa Angky ini pada Jumat (09/11/2018) di Jakarta.

Tapi jangan khawatir, pasalnya ada tips hidup mengatasi plak gigi yang dapat dituntaskan dengan cara alami seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: Tips Hidup Buat Suami Istri, Stop Minum Obat Kuat dan Ganti Pakai Wortel, Dijamin Aktivitas Ranjang Makin Panas!

1. Gosok Gigi

Menggosok gigi dua kali sehari di pagi dan malam hari dapat menghilangkan plak gigi.