Find Us On Social Media :

Rieke Diah Pitaloka, Artis yang Sukses jadi Anggota DPR

By Arif B, Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:42 WIB

Artis yang jadi pejabat, Rieke Diah Pitaloka.

GridPop.ID - Rieke Diah Pitaloka, artis yang terkenal karena perannya sebagai Oneng di sitkom Bajaj Bajuri ini memang sudah jarang terlihat di layar kaca.

Bertolak belakang dengan perannya sebagai Oneng, Rieke Diah Pitaloka adalah wanita berpendidikan tinggi.

Melansir dari Tribunnews.com, Rieke Diah Pitaloka adalah lulusan sarjana di Fakultas Sastra Belanda Universitas Indonesia (UI) serta Sarjana Filsafat di STF Driyakara, Jakarta.

Dalam karier politiknya, pemeran Oneng ini maju dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2009-2014 untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat II.

Untuk kali pertama, Rieke Diah Pitaloka langsung lolos ke Senayan dan masuk ke Komisi IX dengan lingkup tugas bidang kesehatan dan ketenagakerjaan.

Ia merupakan salah satu anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang BPJS yang merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN).

Pada Pileg 2014-2019, Rieke Diah Pitaloka kembali maju dan lolos ke Senayan untuk kedua kali.

Baca Juga: 18 Tahun Hidup Tanpa Pendamping, Artis yang Jadi Pejabat Ini Buka Suara Usai Dikabarkan Dekat dengan Penyanyi Dangdut: Terus Mulai deh

Maju dari dapil Jawa Barat VII, Rieke Diah Pitaloka menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dengan perolehan suara 255.044 suara.

Pun saat di Pileg 2019-2024, Rieke Diah Pitaloka kembali bertarung untuk memperebutkan kursi di Senayan.

Ia masih maju mewakili dapil Jawa Barat VII dan sukses mendulang 169.729 suara.