Find Us On Social Media :

Memasuki Masa Transisi, Berikut Beberapa Cara untuk Menjaga Kesehatan Mental Remaja yang Perlu Dipahami Orang Tua, Jangan Sampai Tidak Tahu!

By None, Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:32 WIB

Ilustrasi ibu dan anak.

GridPop.ID - Pemahanan mengenai kesehatan mental di Indonesia masih dianggap tabu.

Masyarakat menganggap kesehatan mental belum menjadi prioritas utama.

Pemahaman ini banyak berlaku pada banyak orangtua yang belum pernah tersentuh dengan edukasi mengenai kesehatan mental.

Orang tua harus tahu, kalau perlahan-lahan anak akan memasuki masa remaja yang menjadi fase hidup baru dalam hidup buah hati.

Pasalnya di saat remaja, mungkin anak akan menghadapi tantangan yang baru, di sinilah peran penting orangtua untuk mendukung anak.

Nah, berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental remaja yang perlu dipahami oleh orangtua, apa saja?

1. Dorong Anak untuk Bersedia Membagikan Perasannya

Dilansir oleh Parapuan.co dari UNICEF, para orang tua bisa bertanya kepada anak tentang bagaimana hari mereka berlalu dan apa yang telah dilakukan.

Ingatkan anak, kalau apa pun yang terjadi itu selalu didengar oleh orang tua.

Di sisi lain, penting bagi orang tua untuk mengakui dan memahami perasaan anak dari apa yang telah dialami, terutama jika ada sesuatu hal yang membuatnya tidak nyaman.

Selain memahami dan mendengarkan anak, orang tua juga disarankan untuk memberi pujian kepada buah hati karena sudah melakukan hal yang baik, seperti membersihkan diri sendiri.

Baca Juga: Minta Pisah Rumah Sementara, Niat Busuk Suami Terbongkar dari Postingan Facebook Diam-diam Gandeng Wanita Lain, Istri Langsung Beri Pembalasan Ini