Find Us On Social Media :

Seorang Pria Jadi Pasien Pertama Cacar Monyet, Sempat Alami Demam hingga Hal Ini, Berikut Cara Pencegahan!

By Andriana Oky, Minggu, 21 Agustus 2022 | 12:41 WIB

Kasus pertama Cacar monyet di Indonesia (ilustrasi)

GridPop.ID - Kasus cacar monyet terdeteksi sudah masuk ke Indonesia.

Hal ini diumumkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada Sabtu, (20/8/2022).

Diungkapkan bahwa kasus pertama cacar monyet dilami oleh seorang laki-laki yang baru pulang dari perjalanan luar negeri.

“Laki-laki ini baru pulang dari bepergian luar negeri yang termasuk dari 89 negara yang sudah melaporkan kasus cacar monyet saat ini,” terang juru bicara Kementerian Kesehatan RI, Mohammad Syahril, Sp.P,MPH seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Kasus pertama cacar monyet di Indonesia ini dilaporkan pada 14 Agustus 2022.

Mulanya pria tersebut mengalami demam.

Pria tersebut tak langsung berobat hingga pada tanggal 16 Agustus muncul gejala lain berupa lesi dan ruam di sekitar tangan, kaki dan organ genitalianya.

Saat diperiksa, petugas kesehatan curiga dengan gejala pasien hingga mengambil ruam dan melakukan tes PCR pada 18 Agustus 2022.

Hasil PCR test yang dilakukan dari sampel gejala laki-laki itu baru dikeluarkan tadi malam, dengan hasil positif cacar monyet.

Baca Juga: Waspada! 1 Orang Suspek Cacar Monyet Terdeteksi di Jawa Tengah dan Tengah Diisolasi, Ini Gejala yang Dirasakan!

“Dapat hasil laporan PCR-nya tadi malam (19/8/2022),” ujarnya.

Dengan terkonfirmasinya pasien cacar monyet pertama ini, Kemenkes akan mengagendakan vaksinasi, namun belum bersifat massal.