Find Us On Social Media :

Tips Hidup Merdeka Finansial di Usia Muda, Pakar Keuangan Bocorkan 6 Cara Mengelola Uang Agar Tidak Menyesal Dikemudian Hari!

By Lina Sofia, Minggu, 21 Agustus 2022 | 15:02 WIB

Tips hidup menabung agar merdeka finansial.

GridPop.ID - Bagi sebagian anak muda kemampuan mengelola keuangan memang terbilang susah-susah gampang.

Nah, untuk itu tips hidup mengelola keuangan ini sangat penting untuk meraih kemerdekaan finansial di usia muda.

Melansir Kompas.com, Co-Founder MiPOWER by Sequis and Registered Financial Planner Edwin Limanta mengatakan, merdeka finansial bukan berarti memiliki banyak harta dan aset melainkan mampu memenuhi kebutuhan hidup yang layak dan bebas dari utang.

"Sebagaimana kemerdekaan bangsa diraih dengan usaha dan perjuangan maka merdeka finansial juga memerlukan komitmen dan disiplin dalam mengatur pendapatan dan pengeluaran serta mengamankan masa depan dengan cara menabung, berasuransi, dan berinvestasi,” kata dia dalam siaran pers, Selasa (16/8/2022).

Berikut ini adalah beberapa tips hidup mengelola keuangan dari Edwin agar anak muda dapat merdeka secara finansial:

1. Disiplin Melaksanakan Manajemen Anggaran

Sebanyak apapun penghasilan, jika pengeluaran tidak dianggarkan dengan baik maka tidak akan cukup dan akan habis.

Untuk itu, buatlah rencana anggaran setiap bulan untuk pengeluaran, dana darurat, dan persiapan masa depan, yakni tabungan, investasi serta asuransi.

Jika penghasilan diperoleh dalam jumlah tetap dan pada periode yang sama setiap bulan maka buatlah rencana anggaran jangka panjang.

Baca Juga: Tips Hidup: Jadi Penyebab Istri Penyanyi Kondang Meninggal Dunia, Ternyata Makanan yang Digemari Banyak Orang Ini Bisa Picu Stroke

Posisikan kebutuhan sebagai skala prioritas dalam pos pengeluaran untuk mencegah kita mengeluarkan uang untuk pengeluaran yang kurang bermanfaat.

Kebutuhan sehari-hari merupakan pengeluaran rutin dan harus dipenuhi sedangkan keinginan adalah hal subjektif yang berkaitan dengan selera dan pemenuhannya masih dapat ditunda di lain waktu.