Find Us On Social Media :

GEGER Ratusan Mahasiswa di Bandung Positif ODHA, Simak Tips Hidup Tentang Gejala Awal HIV/AIDS yang Tak Banyak Diketahui Publik

By Ekawati Tyas, Jumat, 26 Agustus 2022 | 15:32 WIB

Ilustrasi HIV/AIDS

GridPop.ID - Kabar mengejutkan datang dari Bandung.

Komisi Penanggulangan AIDS Kota Bandung baru saja merilis data yang menunjukkan ratusan mahasiswa di Bandung positif HIV/AIDS.

Melansir Tribun Tangerang, jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) yang berasal dari kalangan mahasiswa bahkan berjumlah ratusan.

Jumlah itu lebih banyak dibandingkan jumlah para pekerja seksual yang terpapar HIV/AIDS.

Kepala Sekretariat Komisi Penanggulangan AIDS Kota Bandung, Sis Silvia Dewi, mengatakan terdapat sekitar 10.800 kasus HIV/AIDS di Kota Bandung sejak 1991 hingga 2021.

"Tapi yang terdeteksi sekitar 5.843 orang. Usianya yang paling banyak itu 20-29 tahun, yakni 44,84 persen, masuk dalam usia produktif. Kedua, usia 30-39 ada di angka 34 persen," ujarnya saat ditemui di Kantor KPA Kota Bandung, kemarin.

Silvia mengatakan, dari 5.800 ODHA yang terdeteksi, dari kalangan mahasiswa berjumlah sekitar 400an orang.

Sayangnya, pemahaman tentang gejala HIV/AIDS masih kurang.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, maka perhatikan tips hidup tentang gejala awal HIV yang perlu kamu ketahui yang dilansir dari Kompas.com berikut ini:

Baca Juga: Punya Nafsu Besar Saat Berhubungan Intim, Suami Syok Berat Temukan Hal Mengejutkan Saat Bongkar Lemari Pakaian Istri, Fakta di Baliknya Bikin Merinding

Seseorang yang terinfeksi HIV jika tak segera diobati sejak awal, maka dapat berkembang menjadi AIDS.

Penularan HIV/AIDS terjadi melalui pertukaran cairan tubuh seperti air mani, cairan vagina, dan darah.