Find Us On Social Media :

'Nikah Muda Belum Tentu Sengsara', Wagub Jabar Sarankan Menikah hingga Poligami Jadi Pencegahan HIV/AIDS, Usulannya Tuai Kecaman

By Ekawati Tyas, Rabu, 31 Agustus 2022 | 14:42 WIB

Ilustrasi HIV AIDS

GridPop.ID - Pernyataan yang dilontarkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum membuat media sosial gempar.

Pasalnya, Wagub Jabar mengusulkan pecegahan HIV/AIDS di Jawa Barat terkhusus di Kota Bandung yang justru berujung pro kontra.

Melansir Kompas.com via Parapuan.co, cara mencegah HIV/AIDS, berdasarkan usul Wagub Jabar yaitu dengan menikah dan melakukan poligami.

Menurutnya, menikah dan berpoligami dapat menjauhkan masyarakat dari perbuatan zina yang memicu banyak penyakit, salah satunya HIV/AIDS.

Tentu saja usul tersebut ramai diperbincangkan di media sosial.

Pasalnya, banyak yang kontra dengan gagasan Wagub Jabar tersebut.

Data Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Bandung menyatakan bahwa ada 5.943 kasus positif HIV di Bandung selama periode 1991-2021.

Dari angka tersebut, sebanyak 11 persen di antaranya adalah ibu rumah tangga (IRT).

Selain itu, KPA menemukan jika salah satu pemicu HIV/AIDS menyebar yaitu melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan pekerja seks.

Lebih lanjut, data tersebut juga menunjukkan bahwa 6,9 persen atau 414 kasus terjadi pada mahasiswa.

Berdasarkan data penyebab HIV/AIDS tersebut, Uu menyarankan poligami dan menikah muda sebagai solusi untuk mencegah penyebaran penyakit ini.

Baca Juga: Tips Hidup Bebas Penyakit Menular Seksual Sejak Dini, Kenali Gejalanya dan Juga Cara Mencegahnya Mulai Sekarang!