Find Us On Social Media :

Tips Hidup Bagi Pria yang Ingin Tingkatkan Jumlah & Kualitas Sperma saat Bercinta, 5 Cara Ini Bisa Dicoba Sekarang Juga, yang Hobi Merokok Wajib Simak!

By Ekawati Tyas, Kamis, 15 September 2022 | 11:02 WIB

Ilustrasi sperma

GridPop.ID - Sperma yang sehat adalah idaman semua laki-laki.

Diketahui bahwa sperma yang sehat merupakan hal penting dalam kehamilan pada perempuan.

Akan tetapi, bagaimana jika kualitas sperma menurun?

Melansir Tribun Bali, sebuah analisis tahun 2017 terhadap hampir 43.000 pria menemukan bahwa jumlah sperma di seluruh dunia menurun secara signifikan dari tahun 1973 hingga 2011.

Kualitas sperma yang rendah dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, antara lain keturunan, infeksi, tumor, dan gaya hidup tertentu.

Akan tetapi, kondisi tersebut dapat diatasi dengan sejumlah cara.

Melansir Tribun Bali dan Kompas Health, berikut ini merupakan tips hidup bagi kaum pria dalam meningkatkan kualitas sperma.

- Olahraga Secara Rutin

Sejumlah penelitian menunjukkan, menurunkan berat badan dengan olahraga mampu meningkatkan jumlah sperma.

Baca Juga: Tips Hidup Bebas Sperma Encer, Para Lelaki Wajib Tahu 5 Penyebabnya, Lakukan Ini untuk Tingkatkan Kualitasnya

Latihan aerobik selama 3 sesi per minggu dapat menunjang kesehatan jantung seperti yang termuat dalam jurnal Nutr Hosp yang ditayangakan di National Library of Medicine pada Juni 2017.

Jantung sehat yang berdetak dengan baik, dapat menunjang kuantitas dan motilitas (kemampuan gerak secara independen) sperma pada 45 pria dengan obesitas dan jarang berolahraga.