Find Us On Social Media :

Tips Hidup: Simak Alternatif untuk Menurunkan Demam pada Anak Selain dengan Obat Sirup Paracetamol

By Lina Sofia, Kamis, 20 Oktober 2022 | 13:02 WIB

Tips hidup, cara menurunkan panas anak tanpa paracetamol

GridPop.ID - Tips hidup cara menurunkan demam anak tanpa menggunakan paracetamol.

Belakangan, IDAI melarang penggunaan paracetamol untuk demam pada anak.

Pasalnya, kasus gagal ginjal akut pada anak terus mengalami kenaikan.

Menguti Kompas.com, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melaporkan 192 kasus anak yang menderita gangguan ginjal akut (acute kidney injury/AKI) misterius per 18 Oktober 2022.

Temuan ratusan kasus itu didapatkan dari 20 provinsi di Indonesia.

Bobby Setiadi Dharmawan selaku Dokter Anak Divisi Nefrologi RSUP Fatmawati Jakarta, menjelaskan penyebab dari gagal ginjal akut pada anak belum diketahui.

"Belum diketahui penyebab pastinya. Dugaan sementara hal ini berkaitan dengan peradangan sistem organ pasca Covid-19," ujarnya dikutip dari YouTube Kompas TV, Rabu (12/10/2022).

Namun, ada juga dugaan kasus ini disebabkan oleh obat paracetamol anak yang mengandung dietilen glikol (DEG) dan etilen olglik (EG).

Hal ini berkaca dari kasus gagal ginjal akut di Gambia, Afrika Barat yang diduga terkait dengan empat obat batuk sirup paracetamol.

Sehubungan dengan terus berkembangnya ginjal akut progresif atipikal yang mayoritas menyerang usia anak di Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan surat edaran terkait larangan bagi apotek menjual obat jenis sirup.

Dalam surat bernomor SR.01.05/III/3461/2022 tersebut, Kemenkes juga menginstruksikan Tenaga Kesehatan (Nakes) pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk sementara tidak meresepkan obat-obatan dalam bentuk sediaan cair/sirup sampai dilakukan pengumuman resmi dari Pemerintah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Tips Hidup Bebas Vagina Berjamur, Bahan Dapur Ini Ternyata Bisa Mengatasinya