Find Us On Social Media :

Tips Hidup Aman Berkendara saat Hujan, Lengkap dengan Hal-hal yang Dapat Dilakukan Sebelum Melakukan Perjalanan

By Lina Sofia, Kamis, 20 Oktober 2022 | 14:02 WIB

Ilustrasi kendaraan melintasi banjir

GridPop.ID - Indonesia mulai memasuki musim hujan bahkan tak jarang menyebabkan banjir di beberapa area.

Bagi para pemilik kendaraan, banjir tentu menjadi hal yang harus di waspadai karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mobil maupun motor.

Maka dari itu tips hidup berkendara aman saat hujan ini penting untuk diketahui.

Melansir Tribun Otomotif, Marketing Head PT Sokonindo Automobile (DFSK) Achmad Rofiqi, menyampaikan berkendara dimusim hujan tentu membutuhkan ekstra perhatian, karena lebih menantang serta karakteristik jalanan yang berbeda.

"Oleh sebab itu, kami menghimbau kepada konsumen DFSK lebih berhati-hati dan bisa memaksimalkan sejumlah fitur yang dimiliki oleh kendaraan-kendaraan DFSK demi menunjang perjalanan yang lebih aman dan nyaman," ungkap Achmad Rofiqi, Senin (17/10/2022).

DFSK memberikan lima tips hidup berkendara aman saat hujan dan hal-hal yang dapat dilakukan sebelum melakukan perjalanan.

1. Mengecek Kondisi Lampu

Komponen pertama yang harus diperiksa kondisinya adalah bagian lampu, karena akan membantu visibilitas kala melakukan perjalanan di musim hujan.

Pertama, pastikan lampu-lampu bekerja dengan baik dan menyorot dengan baik. Periksa untuk lampu dekat, lampu jauh, lampu sein dan lampu hazard.

Di model DFSK Glory i-Auto didukung dengan Auto Light yang kan hidup secara otomatis saat kondisi gelap. Selain itu, DFSK Glory i-Auto didukung juga cornering light pada foglamp sehingga akan membantu pengemudi mendapatkan pencahayaan tambahan saat berbelok.

2. Kondisi Wiper Harus Maksimal

Kondisi wiper harus dipastikan kondisinya mulai dari karetnya masih menyeka air dengan maksimal. Cek juga cairan pembersih wiper untuk memaksimalkan pembersihan kaca yang kotor.