Find Us On Social Media :

Menilik Sejarah Pil Kuning Penolong Kecil Ibu kala Depresi, Imbas Tak Miliki Support System

By None, Sabtu, 12 November 2022 | 05:02 WIB

ilustrasi ibu rumah tangga alami burnout.

GridPop.ID - Menjadi seorang ibu bukanlah hal yang mudah.

Seorang perempuan memiliki tanggung jawab besar saat dirinya menjadi seorang ibu, dimana melalui dirinya akan membawa sebuah kehidupan baru ke dunia.

Tak sedikit orang yang membandingkan kondisi ibu zaman sekarang dan zaman dulu, padahal tugas seorang ibu tetaplah sama menjaga dan merawat buah hatinya.

Tak jarang seorang wanita yang baru melahirkan mengalami depresi imbas tak memikili support system yang baik. Bahkan pernah ada sejarah pahit tentang sebuah pil dan seorang ibu.

Penolong Kecil Ibu

Pada tahun 1960-an awal, di Amerika Serikat, ada sebuah pil berwarna kuning yang sangat populer di antara ibu rumah tangga. Mereka menyebutnya, Mommy’s Little Helper.

Obat ini konon dapat membuat para ibu yang tadinya gampang marah dan susah tidur, menjadi lebih tenang.

Para ibu menyembunyikan obat ini di bawah kasur mereka. Tapi lalu anak-anak remaja mereka yang penasaran mencuri obat itu dan meminumnya. Itulah perkenalan mereka dengan zat psikotropika.

Mick Jagger menangkap fenomena ini dan menuliskan lirik lagu yang kemudian menjadi hits The Rolling Stones di tahun 1966 berjudul "Mommy’s Little Helper".

Jagger menggambarkan bagaimana para ibu secara tidak langsung menjadi pecandu narkoba akibat penyalahgunaan valium.

Obat itu membuat para ibu tenang untuk sementara, namun semakin jauh dari anak-anak dan suaminya. Semakin jauh dari dirinya sendiri.

Baca Juga: 'Bisa Kena Baby Blues Beneran Nih', Sinetron Ikatan Cinta Sampai Buat Amanda Manopo Alami Stres Berat, Terbongkar Fakta Mengejutkan Soal si Penulis Skenario