Find Us On Social Media :

Tips Hidup: Mulai Sekarang Jangan Dianggap Sepele, Bahaya Cicak Berkeliaran di Rumah Bisa Ancam Jiwa, Basmi dengan Ini

By Lina Sofia, Kamis, 17 November 2022 | 15:02 WIB

Jangan disepelekan, ini bahaya cicak di rumah

GridPop.ID - Jarang disadari, bahaya cicak ada di dalam rumah ini tak main-main.

Maka dari itu cicak perlu dibasmi dan dicegah agar tidak membawa dampak buruk untuk seisi rumah.

Keberadaan cicak di sebuah rumah sebenarnya tidak boleh dibiarkan sehingga mereka perlu disingkirkan.

Melasir dari laman Kompas.com, cicak membawa bakteri salmonella Dilansir dari Pest Clinic, Rabu (16/11/2022), dijelaskan bahwa cicak membawa bakteri seperti salmonella yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Selain itu, kotoran cecak bisa menjadi berbahaya karena kontaminasi dari serangga pembawa penyakit yang biasa mereka makan.

Dilansir dari Critter Control, dijelaskan kalau kebanyakan hewan reptil (termasuk cecak) membawa bakteri salmonella di usus, mulut, dan kotorannya.

Jadi, bakteri tersebut dapat tersebar ketika cecak buang kotoran di mana pun secara sembarangan, yang mana hal ini turut memengaruhi kebersihan rumah.

Meskipun tidak membahayakan cicak, bakteri salmonella pada manusia menyebabkan gejala seperti flu yang tidak nyaman, bahkan dapat mengancam jiwa.

Air liur cicak mengandung bakteri E. Coli

Dilansir dari Fumida, air liur cecak juga dapat membahayakan kesehatan seseorang karena mengandung bakteri E. Coli.

Perlu diketahui bahwa bakteri E. Coli dapat menyebabkan masalah sakit dan kram perut, demam, masalah pada saluran pencernaan, seperti diare dan sebagainya.

Parahnya, cecak sangat sering mencari makanan di dapur maupun ruang makan, yang mana itu memungkinkan mereka menyentuh nasi yang masih menempel di centong, masuk ke piring lauk makanan, dan lain-lain.