Find Us On Social Media :

Tips Hidup dari dr Boyke, Ini Waktu yang Tepat untuk Pasutri Berhubungan Intim Pascamelahirkan, Jangan Buru-buru!

By Lina Sofia, Sabtu, 19 November 2022 | 10:01 WIB

ilustrasi berhubungan intim

GridPop.ID - Setelah melalui proses persalinan, banyak pasutri ragu untuk berhubungan intim.

Berhubungan intim pascamelahirkan kerap kali menjadi sesuatu yang enggan untuk dilakukan oleh pasangan, khususnya istri.

Selain khawatir soal keamanan dan kenyamanan, menurut dr Boyke, seorang istri enggan melakukan hubungan intim karena khawatir akan bentuk tubuhnya.

"Biasanya yang mereka takutkan adalah kok saya mau melakukan hubungan seks kayaknya gemuk ya, jadi kekhawatiran-kekhawatiran itu yang juga diperhatikan," ucap dr Boyke dilansir Tribunmedan.com dari kanal YouTube Sonara FM.

Perubahan keadaan fisik dan emosional setelah melahirkan akan membuat istri merasa kurang percaya diri.

Tak hanya itu, gairah seorang istri untuk memulai hubungan intim juga berkurang lantaran waktunya sudah dihabiskan mengurus bayi.

Ditambah lagi jika seorang istri menyusui, maka produksi hormon prolaktin juga bisa menurunkan gairah dan keinginan untuk berhubungan intim.

"Kemudian keringnya pada vagina karena pada saat itu menyusui, prolaktin naik, kemudian estrogen tidak keluar, akbibatnya vagina terasa kering sehingga hubungan seks terasa tidak menyenangkan," kata dr Boyke.

Lantas kapankah waktu yang tepat berhubungan intim pasca melahirkan?

Menurut dr Boyke, waktu yang tepat melakukan hubungan intim adalah 40 hari pasca melahirkan.

Saat itu, kondisi rahim mulai mengecil dan cairan sudah mulai memutih kembali.

Baca Juga: Tips Hidup: Mulai Sekarang Jangan Dianggap Sepele, Bahaya Cicak Berkeliaran di Rumah Bisa Ancam Jiwa, Basmi dengan Ini