Find Us On Social Media :

Tips Hidup dari Dokter Sesialis THT, Terlalu Keras Buang Ingus Bisa Merusak Gendang Telinga, Waspadalah!

By Lina Sofia, Sabtu, 19 November 2022 | 17:32 WIB

Risiko membuang ingus terlalu keras

GridPop.ID - Viral unggahan soal bahaya buang ingus terlalu keras di media sosial, Twitter.

Menurut dokter spesial THT juga membenarkan bahaya buang ingus terlalu keras.

Twit soal bahaya buang ingus terlalu keras itu diunggah oleh akun @Lqrqs pada Kamis (17/11/2022) pagi.

Sebelumnya Kompas.com telah mendapatkan izin untuk mengutip utas tersebut.

"Guys hati2 kalo lagi flu dan hidung mampet, jgn dipaksa blowing your nose ya. Bakteri dan virusnya bisa nyebar ke kuping trs radang dan infeksi," tulisnya.

Dalam twit tersebut, pengunggah juga menceritakan pengalaman keluarganya yang yang harus dilarikan ke UGD pada dini hari karena mengeluh telinganya sakit.

Saat diperiksa, dokter mengatakan bahwa gendang telinga tersebut berwarna merah khas radang yang diikuti dengan adanya cairan menyerupai dahak.

Hingga Jumat (18/11/2022), unggahan tersebut telah dikomentari oleh 277 warganet, dibagikan kepada 6.614 akun, dan disukai hingga 22.300 pengguna Twitter.

Dilansir dari Kompas.com, dokter spesialis THT di RSCM Brawijaya Hospital Antasari Natasha Supartono membenarkan bahwa mengeluarkan ingus terlalu keras bisa berbahaya.

"Ya, membuang ingus terlalu keras dapat memberikan beberapa dampak negatif," ujarnya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (18/11/2022).

Menurutnya, terdapat beberapa dampak buruk yang bisa terjadi ketika seseorang mengeluarkan ingus terlalu keras, yaitu pendarahan atau mimisan, infeksi telinga, hingga kerusakan pada gendang telinga.

Baca Juga: Tips Hidup dari dr Boyke, Ini Waktu yang Tepat untuk Pasutri Berhubungan Intim Pascamelahirkan, Jangan Buru-buru!