Find Us On Social Media :

Bakal Tinggal di Rumah Erina, Kaesang Akan Jalani Tata Cara Nyantrik, tapi Tidak Diperkenankan Lakukan Ini hingga Akad!

By Lina Sofia, Sabtu, 3 Desember 2022 | 20:32 WIB

Kaesang dan Erina bakal jalani tata cara Nyantrik

GridPop.ID - Acara pernikahan Kaesang dan Erina semakin dekat.Disebutkan bahwa calon pengantin Kaesang dan Erina bakal jalani tata cara nyantrik.

Kaesang bakal tinggal di rumah Erina tapi tidak diperkenankan lakukan ini.Seperti diketahui, prosesi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono akan berlangsung dalam rangkaian adat Jawa Yogyakarta.Temasuk tradisi midodareni, di mana keluarga Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan bertamu ke rumah keluarga almarhum Gudono pada malam jelang akad nikah, atau tanggal 9 Desember malam.Selain itu, Kaesang dan Erina juga akan melakukan tata cara nyantrik."Manten putra juga akan hadir, Mas Kaesang, Nyantrik di sini (rumah Erina), sebagai bagian dari midodareni," beber Penanggung jawab penyelenggara pernikahan, Dani Wigung pada wartawan di depan kediaman Erina, Jumat (2/12/2022).Lantas apa yang dimaksud dengan nyantrik?

Jika sebelumnya telah disebutkan acara midodareni, yakni malam sebelum akad nikah atau malam melepas masa lajang bagi kedua calon pengantin di mana calon pengantin perempuan berdiam di rumah.Dalam serangkain itu ada acara nyantrik. Tradisi nyantrik dalam rangkaian pernikahan adat Jawa dilakukan oleh mempelai pria seusai tradisi midodareni.

Baca Juga: Tarif per Malam Sampe Rp 8 Juta, Intip Harga Kamar Hotel Ambarrukmo Yogyakarta yang Jadi Lokasi Nikahan Kaesang dan ErinaMelansir Kompas TV dari jurnal ums.ac.id, prosesi nyantrik untuk memastikan calon pengantin laki-laki akan hadir dalam akad nikah.

Selain itu sebagai bukti bahwa keluarga calon pengantin perempuan benar-benar siap melakukan prosesi pernikahan di hari berikutnya.

Saat menjalani tradisi nyantrik, mempelai pria akan tinggal di rumah keluarga mempelai perempuan, sebagai titipan orang tuanya kepada besan.

Dalam tradisi ini, mempelai pria akan di jamu makan tengah malam, namun tidak diperkenankan bertemu mempelai perempuan hingga pelaksanaan akad nikah pada esok hari.Baru setelah midodareni dan nyantrik selesai masuk ke acara akad nikah atau Ijab Qobul yang merupakan peristiwa penting dalam hajatan mantu.Sepasang calon pengantin bersumpah di hadapan naib yang disaksikan wali, sesepuh dan orang tua kedua belah pihak serta beberapa tamu undangan.Sebagai informasi diacara pernikahan Kaesang dan Erina para panitia menggunakan baju adat Jawa.Dilansir oleh Tribunnews.com dari Kompas.TV, keluarga orang nomor satu di Indonesia ini memilih toko busana Jawi Suratman di Keprabon, Solo, untuk membuat seragam panitia pernikahan Kaesang Pangarep.Pada pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, keluarga Presiden Jokowi memesan sejumlah 86 beskap untuk panitia.Kata pemilik toko Busana Jawi Suratman, Sugiyatno, ada tiga model beskap yang dipesan yaitu atela, beskap, dan beskap landung."Mulai bulan September pesennya. 86 untuk dipakai panitia. Ada pesan beskap, jarik, blangkon," ujar Sugiyatno, pemilik toko Busana Jawi Suratman, dikutip dari Kompas.TV, Jumat (2/12/2022).Baca Juga: Makin Mempesona Jelang Pernikahan Kaesang Pangarep, Felicia Tissue Didoakan Netizen Dapet Jodoh CEO Tajir Melintir!Lebih lanjut, Sugiyatno menyebut dari 86 barang yang dipesan, 63 untuk pakaian laki-laki dan sisanya jarik untuk perempuan.Sugiyarno menyampaikan tidak ada yang istimewa dalam proses produksi pakaian.Bahan dan ukuran sudah dikirim terlebih dahulu, sehingga proses pembuatan lebih mudah dan cepat.

Tak hanya pakaian untuk panitia pernikahan, keluaraga Presiden Jokowi juga memesan celana dan jarik untuk prosesi siraman.Celana itu terbuat dari kain bermotif cinde berwarna kuning.Sedangkan jariknya bemotif sidodadi dan ceplok.Pasalnya, motif-motif tersebut berarti kebahagiaan dan sering digunakan dalam acara pernikahan.Sebagai informasi, toko Busana Jawi Sratman juga membuat pakaian yang digunakan dalam prosesi pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Baca Juga: Bocoran Menu Santapan yang Bakal Disajikan di Pernikahan Kaesang-Erina, Ada Camilan hingga Masakan Nusantara

GridPop.ID (*)