Find Us On Social Media :

UPDATE Harga Sembako, Badan Pangan Beri Bocoran Harga Telur dan Daging Ayam Pada Akhir 2022

By Luvy Octaviani, Minggu, 4 Desember 2022 | 14:33 WIB

ilustrasi telur

GridPop.ID - Menjadi kebutuhan yang penting untuk menunjang kehidupan, tentu saja update harga sembako selalu dinantikan.

Terbaru Badan Pangan bocorkan harga sembako pada akhir tahun 2022.

Dilansir dari laman tribunnews.com, Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) Areif Prasetyo Adi menargetkan harga telur dan daging ayam pada akhir 2022 tidak terlalu jauh dari harga acuan pembelian (HAP).

Arief menyebut HAP yang telah dibuat mampu mengakomodir keuntungan di tingkat petani, farm gate, dan pedagang.

"Harganya Rp 27 ribu untuk telur dan Rp36.500 untuk ayam. Itu harga acuannya. Ada di Peraturan Badan Pangan Nasinoal (Perbanas) No. 5 Tahun 2022," katanya usai acara Sorghum untuk Kedaulatan Pangan di Parkir Selatan GBK, Jakarta Pusat, Minggu (4/12/2022).

Pihaknya sedang melakukan komunikasi bersama satgas pangan mengenai pengelolaannya dan stok yang ada tak boleh lebih dari tiga bulan kebutuhannya.

"Kalau biasanya jualan 5 ribu dalam sebulan, ya stoknya enggak boleh lebih dari 15 ribu dalam sebulan. Itu ada dalam peraturan Menteri Perdagangan. Jadi, mengenai penimbunan dan lain-lain," kata Arief.

Mengenai dukungan dari asosiasi, ia menyebut NFA telah mendapat dukungan dalam hal stabilisasi.

Arief menyebut pihaknya sedang mempersiapkan beberapa ribu ton telur yang akan dilepas dalam operasi pasar pada akhir 2022 ini.