Find Us On Social Media :

Tips Hidup dari Dokter Kecantikan, Begini Cara Memilih Sunscreen untuk Pria Agar Tidak Meninggalkan White Cast

By Lina Sofia, Jumat, 9 Desember 2022 | 14:02 WIB

GridPop.ID - Tips hidup, berikut agar skincare tidak meninggalkan white cast untuk pria.Sama halnya dengan perempuan, kaum pria juga perlu mengguankan skincare.Tapi tak sedikit pria yang malu saat hendak menggunakan skincare, terutama saat menggunakannya di pagi hari.Hal ini lantaran skincare pada pagi hari biasanya meninggalkan white cast atau efek penggunaan suncreen fisik yang bisanya terjadi pada kulit dengan warna gelap.Seperti diketahui, sunscreen sendiri disajikan dalam beberapa SPF, mulai dari SPF 15, SPF 30, SPF 45, hingga SPF 50.SPF atau Sun Protector Factor dalam sebuah sunscreen menunjukkan sebaik apa sunscreen tersebut melindungi kulit dari paparan sinar matahari.Angka SPF tersebut menjadi penentu berapa lama Anda dapat terpapar sinar matahari.Dilansir dari Tribun Health, dr. Amelica Oksariani, M Biomed (AAM) menjelaskan, rumus yang paling mudah untuk menghitung SPF adalah dengan mengalikan jumlah SPF dengan 100.Misalnya seseorang menggunakan sunscreen dengan SPF 30, kemudian kalikan dengan 100.Hasilnya adalah 300 menit yang artinya sunscreen yang digunakan hanya bisa melindungi kulit selama 300 menit.Lebih dari 300 menit tidak bisa melindungi kulit lagi dari paparan sinar matahari.Baca Juga: Harga Sembako Cabai Tidak Ada Tanda-tanda Mau Turun Jelang Natal, Justru Makin 'Pedas' di Rp 52.100!

Hal tersebut disampaikan oleh Dokter Kecantikan, dr. Amelica Oksariani, M Biomed (AAM) yang dilansir TribunHealth.com dalam tayangan YouTube Tribun Lampung News Video.Perlu diketahui jika white cast juga bisa menyebabkan wajah berwarna abu-abu sehingga penampilan menjadi kurang menarik.Dokter Kecantikan, dr. Satya Perdana menuturkan jika biasanya membuat wajah dan leher tampak belang.Dimana tone kulit menjadi berubah mendadak sehingga terlihat seperti sedang menggunakan bedak.Dokter Kecantikan, dr. Satya Perdana membenarkan jika kondisi ini biasanya membuat para pria menjadi malu.Dokter Kecantikan, dr. Satya Perdana memberikan tips untuk para pria dalam memilih skincare pagi dan malam hari.Berdasarkan penuturan Dokter Kecantikan, dr. Satya Perdana sebaiknya memilih skincare di pagi yang tidak mengandung zinc oxide maupun titanium dioxide."Kalau menggunakan produk yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide jika di gunakan di wajah menjadi putih," jelas Dokter Kecantikan, dr. Satya Perdana."Hal ini menyebabkan seseorang seperti menggunakan bedak," tutur Dokter Kecantikan, dr. Satya Perdana.Namun menurut Dokter Kecantikan, dr. Satya Perdana biasanya skincare khusus pria tidak mengandung zinc oxide dan titanium dioxide.Kalaupun ada biasanya presentasenya sangat kecil, sehingga ketika diaplikasikan pada wajah tidak membuatnya terlihat putih.

Baca Juga: Tips Hidup Bagi Emak-emak, Tolong Jangan Pernah Beli Tempe Jika Terdapat 3 Ciri-ciri Berikut Ini, Nomor 2 Kerap Diabaikan

Dilansir Kompas.com dari Indian Express, (16/2/2021), dokter spesialis kulit, Dr. Jushya Sarin mengatakan bahwa penting untuk memakai tabir surya meski saat kita berada di dalam ruangan.Ia menjelaskan, tabir surya membantu memerangi sengatan matahari dari UVB dan UVA. Paparan UVA membuat kulit kita mengalami penuaan dan berpotensi menyebabkan kanker kulit.UVA dapat menjangkau kulit Anda bahkan saat berada di dalam ruangan.Hal ini dikarenakan sinar UVA memiliki panjang gelombang yang lebih panjang dibandingkan sinar UVB. “Sinar ini bertanggung jawab untuk merembes jauh ke dalam kulit Anda dan memecah kolagen, penyebab utama kerutan. Bahkan bisa menembus jendela dan awan,” ujar dr. Sarin. Dikutip dari NBC News, (13/7/2020), Yayasan Kanker Kulit mengatakan, UVA disebut bisa menembus jendela dan tutupan awan.Sayangnya, tidak semua jendela diperlakukan dengan perlindungan dari sinar matahari. Oleh karena itu, penting untuk tetap terlindungi dari UVA dan UVB dengan memakai SPF. Kecuali Anda berada di ruangan tanpa jendela, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengoleskan SPF.

Baca Juga: Tips Hidup Hemat Bagi Jobseeker! Terapkan 4 Cara Ini Demi Selamatkan Keuangan Selama Wara-wiri Cari Kerja

 GridPop.ID (*)