Find Us On Social Media :

Tips Hidup Cara Membersihkan Karat pada Pisau dan Gunting, Cukup dengan 4 Bahan yang Ada di Rumah Ini, Dijamin Ampuh!

By Lina Sofia, Sabtu, 31 Desember 2022 | 08:32 WIB

Cara menghapus karat di pisau

GridPop.ID - Tips hidup cara menghilangkan karat pada pisau dan gunting tanpa perlu diasah.Cukup dengan bahan ini untuk menghilagkan karat pada pisau dan gunting.Peralatan dapur yang berbahan dasar logam memang sangat rawan muncul karat.Dilansir artikel Tribun Batam dari The Kitch, berikut tips hidup membersihkan karat pada gunting dan pisau dapur yang berbahan dasar logam.1. Bersihkan dengan lemonCara pertama mengusir karat pada besi adalah dengan membersihkannya menggunakan lemon.Kadar asam tinggi pada lemon bisa membersihkan karat dengan tuntas dan maksimal.Caranya, iris dan peras lemon, letakkan dalam sebuah gelas.Kemudian masukkan besi pisau ke dalam gelas, usahakan bagian yang ber karat terendam sempurna.Diamkan selama 15 hingga 30 menit, baru gosok pelan hingga semua sisa karat terangkat, dan bilas serta keringkan.

2. Bersihkan dengan kentangAsam oksalat pada kentang juga bisa digunakan untuk membersihkan karat.Baca Juga: Tips Hidup Cara Mudah Atasi Nyeri Leher Akibat Salah Posisi Tidur, Bisa dengan Kompres Air Dingin dan Konsumsi Deretan Obat Alami IniAsam oksalat bisa membuat karat lepas dari besi yang ada pada pisau.Caranya ambil kentang utuh, kemudian tancapkan pisau atau gunting ke bagian tengah kentang.Diamkan selama 10 jam, kemudian belah kentang, gosok-gosokkan besi pisau dan gunting yang ber karat ke penampang kentang.Baru kemudian cuci bersih pisau, dan keringkan menggunakan tisu dapur.3. Bersihkan dengan baking sodaApa yang tidak bisa dibersihkan dengan baking soda? Hampir semua perkakas rumah bisa bebas kotoran dan jamur berkat baking soda.Begitu pula dengan pisau yang ber karat.Cukup campurkan satu sendok baking soda ke dalam segelas air, dan masukkan besi pisau dan gunting ke dalamnya.

Biarkan selama beberapa jam agar karat bersenyawa dengan air yang sudah mengandung baking soda.Setelah karat terlihat mengelupas, ambil pisau, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan sempurna.4. Bersihkan dengan cuka putihTerakhir, Anda bisa pula membersihkan noda karat dengan cuka putih. Caranya, masukkan pisau dan gunting ke segelas cuka putih dan biarkan terendam di sana selama semalaman.Atau Anda bisa pula memasukkan handuk kecil ke dalam cuka, dan gunakan handuk untuk membebat pisau selama semalam suntuk.Baca Juga: Tips Hidup: Cara Mudah Hempas Noda Kuning di Bantal, 2 Trik Ini Wajib Kalian Coba

Paginya, bersihkan pisau dan gunting dengan sabun dan air bersih kemudian keringkan dengan tisu dapur.Agar pisau dan gunting tak mudah ber karat, Anda harus menjaganya dalam kondisi kering tak tertempeli air sedikit pun dalam waktu lama.Selepas digunakan, segera cuci dan keringkan dengan lap bersih. Kemudian simpan pisau dan gunting di tempat yang jauh dari sumber kelembaban.

Sebagai informasi dilansir dari artikel Kompas.com, peristiwa perkaratan besi adalah hasil dari reaksi redoks (reduksi dan oksidasi) yang tidak diiginkan.Dilansir dari laman BBC, besi bereaksi dengan air dan oksigen untuk membentuk besi (III) oksida terhidrasi atau yang dikenal sebagai karat.Ketika besi yang memiliki sedikit goresan bertemu dengan air, uap air, dan oksigen, besi akan menghalai reaksi redoks.Bagian besi yang memiliki goresan bertindak sebagai anoda. Sedangkan bagian permukaan lainnya akan bertindak sebagai katoda.

Baca Juga: Tips Hidup Bebas Mata Panda, Kenali Penyebab hingga Cara Menghilangkannya Berikut Ini

GridPop.ID (*)