Find Us On Social Media :

Janji Penuhi Permintaan Putra Mahkota untuk Revitalisasi Keraton Surakarta, Gibran Rakabuming Raka Ungkap Syaratnya

By Luvy Octaviani, Minggu, 25 Desember 2022 | 09:01 WIB

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka janji bakal revitalisasi Keraton Surakarta

GridPop.ID - Gibran Rakabuming Raka yang menjabat sebagai Wali Kota Solo berjanji akan mengabulkan permintaan revitalisasi Keraton Surakarta.

Meski demikian, Gibran mengungkapkan satu syarat yang harus dipenuhi.

Gibran mengetahui keinginan Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta Kanjeng Gusti Pangeran Harya (KGPH) Purbaya agar Keraton Surakarta direvitalisasi.

Keraton Kasunanan Surakarta disebut bangunan bersejarah peninggalan Kerajaan Mataram Islam di Kota Solo, Jawa Tengah, namun mengalami sejumlah keursakan karena termakan usia.

"(Revitalisasi) pasti ya, kita tugasnya membangun. Kita ini tukang," kata Gibran, saat di Pura Mangkunegaran, Jumat (23/12/2022) dikutip dari laman kompas.com.

Meski sudah berjanji untuk revitalisasi, Gibran belum bisa memastikan kapan revitalisasi akan dilaksanakan.

Gibran memastikan Pemkot Solo siap membantu revitalisasi Keraton Surakarta. Namun, dia tak bisa menargetkan kapan proyek itu rampung.

"Tugas kita yang kotor-kotor saja, becek-becek aja bangun revitalisasi. (Untuk waktunya) Ya kita lihat, (Taman Puro Puro Mangkunegaran) butuh berapa bulan? Nah iya, tiga bulan," ucap Gibran.

Di sisi lain, soal pelaksanaan revitalisasi, Gibran mengaku memberikan syarat, antara lain penyelesaian konflik internal.

"Intinya kalau permasalahan sudah selesai saya tak (akan) ngobrol. Mungkin dengan beberapa menteri, investor, calon pemberi CSR itu. Kalau beliau-beliau, Sinuhun setuju semua dijalankan, enak banget kan," ucapnya.

Baca Juga: Sambut Pergantian Tahun Baru 2023, 6 Hidangan Endul Ini Bisa Jadi Referensi Habiskan Malam Bersama Keluarga