Find Us On Social Media :

ESTIMASI Jadwal Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 48 Tahun 2023 hingga Skema Terbaru, Kini Penerima Dapat Manfaat Lebih Besar Senilai Rp 4,2 Juta!

By Lina Sofia, Sabtu, 31 Desember 2022 | 19:22 WIB

Pendaftaran katu prakerja gelombang 48 tak akan dibuka tahun ini

GridPop.ID - Prediksi jadwal dan bocoran skema Kartu Prakerja Gelombang 48 tahun 2023.Seperti diketahui, program Kartu Prakerja bakal dibuka tahun 2023.Pata tahun 2023 program ini akan menyasar satu juta orang.Dilansir dari artikel Surya.co.id, dari Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa ada skema baru pada Pelatihan Kartu Prakerja.Adapun skema yang dimaksud yakni masyarakat bisa mengikuti pelatiham secara normal atau offline pada triwulan I tahun 2023.Hal tersebut menjadi isyarat bahwa Program Kartu Prakerja bakal berlanjut.Dari pernyataan Menko Airlangga, dapat diprediksi jadwal Program Prakerja tahun 2023.Triwulan I merujuk pada tiga bulan pertama.Berarti diperkirkan Kartu Prakerja dibuka pada rentang Januari hingga Maret tahun mendatang.Terkait skema, pemegang Kartu Prakerja akan mengikuti pelatihan secara offline atau tatap muka.Selain itu, juga terdapat perbedaan insentif yang akan diberikan.

Baca Juga: Kabar Gembira! Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 Bisa Diikuti Semua Orang Tanpa Pengecualian, Ini Alasan di BaliknyaMelansir Antara via Kompas.com, Menko Airlangga mengatakan bahwa skema normal pelatihan Prakerja akan berfokus untuk memberikan bantuan produktivitas angkatan kerja dan peningkatan skill.

"Metode pelatihan akan dilakukan secara offline, online, dan hybrid, serta insentif yang diberikan akan dilakukan penyesuaian," kata Menko Airlangga."Ditargetkan (Kartu Prakerja) akan menjangkau satu juta penerima," tambahnya.Masyarakat bisa mengikuti pelatihan Prakerja secara normal atau offline dimulai di rentan waktu tersebut.Di 2023, Prakerja juga tak lagi menggunakan semi bansos.Hal ini memungkinkan manfaat pelatihan yang ditekankan dengan biaya yang lebih besar.Ada perbedaan untuk program di tahun depan, yakni ada kenaikan manfaat hingga Rp 4,2  juta.Penerima akan mendapatkan manfaat Rp 4,2 juta itu.Kenaikan yang cukup besar terjadi pada biaya pelatihan senilai Rp3,5 juta.Di 2023 mendatang ada insentif pasca pelatihan Rp600 ribu yang diberikan 1 kali, dan insentif survei Rp100 ribu untuk dua kali pengisian.Kepala Komunikasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (PMO) William Sudhana menjelaskan alasan bantuan pelatihan yang lebih besar.

Baca Juga: SEGERA DIBUKA! Kartu Prakerja 2023 Bakal Digelar Offline, Simak Waktu Pelaksanaan Serta Besaran Insentif yang DiterimaAlasannya  kegiatan dan ekonomi sudah mulai bangkit dengan meredanya Pandemi Covid-19. Oleh karena itu, program Kartu Prakerja dikembalikan ke tujuan utamanya, yaitu program peningkatan kompetensi angkatan kerja.

"Dengan fokus pada peningkatan kompetensi maka porsi bantuan pelatihan menjadi lebih besar," ujar William kepada Kompas.com, Rabu (5/10/2022).Cara Daftarnya Gimana?- Pastikan sudah memiliki akun, masuk ke laman www.prakerja.go.id.- Klik 'Login' atau Masuk dengan mengisikan e-mail dan password.- Kemudian masukan nomor KTP dan tanggal lahir, dan klik Berikutnya.- Lengkapi data diri di antaranya nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, dan unggah swafoto sambil memegang KTP.Langkah selanjutnya dalam pembuatan Kartu Prakerja adalah mengikuti tes.

Baca Juga: BOCORAN Jadwal Pelatihan Offline Kartu Prakerja 2023, Kapan Skema Normal Mulai Dibuka? Simak Dulu Tips Lolos Seleksinya

GridPop.ID (*)