Find Us On Social Media :

Tips Hidup Rawat Kuku Tangan dan Kaki Agar Terlihat Cantik dan Bersih, Tak Perlu Manikur Pedikur Lagi

By Lina Sofia, Selasa, 17 Januari 2023 | 09:23 WIB

Cara memelihara kuku

GridPop.ID - Tips hidup rawat kuku tangan dan kaki agar terllihat cantik dan bersih.Bakal rapuh dan patah jika tak dirawat, ini tips hidup rawat kuku tangan dan kaki.Tak perlu ke salon kecantikan, ini tips hidup merawat kuku yang bisa dilakukan di rumah.Jangan anggap remeh kebersihan dan efek tampilan menarik kuku cantik Anda.Kebiasaan mengasah kuku dan mengilapkan kuku dengan nail art, ternyata bisa membuat kuku rusak.Sebab, studi terbaru menemukan bahwa rutinitas merawat kuku tersebut dapat merusak lapisan kuku Anda. Mengutip Kompas.com, dalam tahapan dari  studi yang dipublikasikan pada jurnal Physical Biology tersebut, peneliti ingin mengetahui proses pertumbuhan kuku dan bagaimana rutinitas seperti mengasah serta memoles kuku agar mengilap dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan kuku.

Studi juga menyebutkan bahwa perawatan yang demikian bisa membuat kuku berubah cembung seperti sendok. Kemudian, peneliti menemukan bahwa ketika bentuk kuku diubah dengan alat bantu, maka struktur yang membantu pertumbuhan kuku bakal rusak dan menimbulkan gangguan serta rasa sakit.Inilah beberapa cara menguatkan kuku tangan dan kaki dengan bahan alami dilansir artikel Tribun Batam dari herworld.co.id:

-Minyak kelapa

Cara menguatkan kuku tangan dan kaki dapat menggunakan minyak kelapa.

Baca Juga: Tips Hidup: Cara Sederhana Hilangkan Bau Lumpur Pada Ikan Gurame, Dijamin Berhasil!Sudah dikenal sejak lama minyak kelapa memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh.

Minyak kelapa bermanfaat untuk melembapkan, menutrisi, sekaligus melindungi kuku dari bakteri maupun jamur sehingga otomatis menjaga kekuatan kuku.Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak kelapa yang sudah dihangatkan ke kuku dan area di sekitarnya secara rutin setiap hari.Dalam beberapa minggu, Anda akan mendapatkan kondisi kuku yang lebih sehat dan kuat

-Madu

Cara menguatkan kuku selanjutnya adalah menggunakan madu.Bahan alami ini bisa memberi perlindungan pada kuku dan kutikel dari bakteri maupun jamur sehingga bisa tetap terjaga kekuatan serta kesehatannya.Cukup menambahkan dua sendok teh madu dan beberapa tetes air lemon untuk membuat maskernya.Setelah tercampur rata, pijatkan masker ke kuku tangan maupun kaki, lalu diamkan selama 15-20 menit setelah dipijat. Lalu, bilas kuku hingga benar-benar bersih.

-Minyak Zaitun

Berikutnya, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menguatkan kuku tangan dan kaki. Secara alami, minyak zaitun dengan mudah terserap dan mencapai layer terdalam kuku- kuku, menenangkan sekaligus menjaga kelembapannya.Ditambah, minyak zaitun bisa melancarkan peredaran darah sehingga mendorong pertumbuhan kuku.

Baca Juga: Tips Hidup Buat Para Bunda! Berikut Cara Masak Daun Singkong Agar Warnanya Tetap Hijau Cantik Ala Rumah Makan Padang

Untuk merasakan manfaatnya dengan maksimal, Anda bisa memanaskan minyak zaitun dan perlahan memijatkan nya ke kuku maupun kutikel selama kurang lebih lima menit.