Find Us On Social Media :

Dilengkapi dengan Doa Arwah untuk Laki-laki dan Perempuan, Inilah Tata Cara Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadhan 2023

By Helna Estalansa,None, Selasa, 7 Februari 2023 | 09:02 WIB

Tata cara dan doa ziarah kubur

GridPop.ID - Bulan Ramadhan 2023 akan segera datang.

Itu artinya, umat muslim di seluruh dunia akan menunaikan ibadah puasa Ramadhan.

Nah sebelum menyambut bulan Ramadhan, kamu sebagai umat muslim dianjurkan untuk berziarah ke makam keluarha atau orang tercinta.

Untuk itu, mari kita simak tata cara ziarah kubur yang dilengkapi dengan bacaan doa yang dipanjatkan saat mengunjungi makam keluarga atau orang tercinta, sebelum Puasa Ramadhan 2023 berikut ini.

Menurut Dosen IAIN Metro Lampung, Muhammad Nasrudin ziarah kubur pada dasarnya sesuatu yang dibolehkan bahkan disunnahkan, untuk mengingatkan umat Muslim pada kematian.

Rasulullah SAW dulu pernah melarang umatnya untuk melakukan ziarah kubur, tapi hal itu sudah diperbolehkan kembali.

Berkaitan dengan hal ini, Rasulullah bersabda dalam salah satu haditsnya: كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا

"Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian," (HR. Muslim).

"Tujuannya untuk mengingatkan kematian. Rasul dulu pernah melarang untuk ziarah kubur."

"Ketika zaman jahiliyah dulu orang-orang datang ke kuburan untuk meratapi kematian, menangisi dijadikan tempat sesembahan, maka Rasul melarang untuk ziarah kubur."

"Tapi ketika Islam sudah kuat, Rasul kemudian memperbolehkan ziarah kubur. Karena ziarah kubur dapat mengingatkan kita pada kematian," kata Nasruddin di Program Oase Tribunnews, Jumat (4/3/2022).

Baca Juga: Ketahui Lebih Jauh soal Manfaat Puasa Ramadhan 2023 untuk Ibu Hamil, Begini Persiapannya yang Musti Dilakukan