Find Us On Social Media :

Kompak! 4 Terdakwa Kasus Pembunuhan Berencana Brigadir J Bakal Ajukan Banding, Termasuk Ferdy Sambo

By Helna Estalansa,None, Jumat, 17 Februari 2023 | 11:02 WIB

Ferdy Sambo ajukan banding

GridPop.ID - Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf masing-masing telah melaksanakan sidang vonis atas kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Masing-masing terdakwa mendapatkan vonis hukuman yang berbeda.

Karena dianggap keberatan, Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf dikabarkan akan mengajukan banding.

Ya, empat terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J kini resmi mengajukan banding atas putusan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

Keempatnya adalah mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (istri Ferdy Sambo), Ricky Rizal dan Bripka RR (ajudan Ferdy Sambo) dan Kuat Ma’ruf (asisten rumah tangga sekaligus sopir Ferdy Sambo).

“Para terdakwa pembunuhan berencana almarhum Yosua yaitu Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Ma’ruf, dan Ricky Rizal telah menyatakan banding atas putusan yang dibacakan majelis hakim,” ujar Pejabat Humas PN Jakarta Selatan, Djuyamto kepada Kompas.com, Kamis (16/2/2023).

“Pengajuan banding untuk terdakwa Kuat Ma’ruf pada tanggal 15 Februari 2023, sedangkan untuk terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi dan Ricky Rizal diajukan pada tanggal 16 Februari 2023,” jelasnya.

Dalam kasus ini, terdapat lima terdakwa.

Selain keempat terdakwa tadi, terdapat satu terdakwa lainnya, yaitu Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E.

Namun, untuk Richard, baik jaksa atau tim kuasa hukum tidak melayangkan banding.

Kelima terdakwa dinilai majelis hakim telah melanggar Pasal 340 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) juncto Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP.

Baca Juga: Berani Vonis Mati Ferdy Sambo, Hakim Wahyu Santoso ternyata Punya Total Aset Kekayaan Senilai Rp 12 Miliar