Find Us On Social Media :

Sarankan Bharada E Tak Kembali Jadi Polisi, Pengamat Sebut Sederet Ancaman bagi Pembunuh Brigadir J

By Andriana Oky, Senin, 20 Februari 2023 | 17:42 WIB

Keinginan Bharada E kembali ke Polri usai selesaikan masa tahananan dinilai berbahaya, pengamat intelijen sebut bisa dikerjai.

GridPop.ID - Keinginan Richard Eliezer untuk tetap berada di kepolisian menuai pro dan kontra.

Seorang pengamat intelijen Soleman B Ponto bahkan menilai akan berbahaya jika Bharada E ingin aktif kembali menjadi polisi.

"Kalau saya melihat ini teguran Tuhan buat Eliezer. Itu (kepolisian) sudah bukan tempat untuk dia lagi.

"Ingat, adiknya Yosua masih ada. Teman-temannya Yosua juga masih ada. Siapa yang bisa jamin di antara mereka tidak ada yang sakit hati?" kata Soleman dilansir dari Kompas.com.

Tak hanya itu, Soleman masih ada pihak-pihak yang berpotensi membahyakan Richard imbas vonis hakim atas kasus pembunuhan Brigadir J.

Apalagi, dalam kasus tersebut, hakim menjatuhkan vonis mati terhadap Sambo dan 20 tahun penjara ke Putri.

"Bisa-bisa dikerjai dia (Richard) nanti. Itu kan bahaya juga buat dia," ucap Soleman.

Terpisah, peneliti bidang kepolisan dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto mengatakan, jika Richard tetap dipertahankan, Polri bisa dianggap tutup mata terhadap anggotanya yang melanggar hukum atau melakukan kejahatan.

"Bila tidak dilakukan PTDH (pemberhentian dengan tidak hormat) artinya Polri sebagai organisasi penegak hukum akan dianggap permisif pada tindak pelanggaran hukum oleh anggotanya," kata Bambang, Rabu (15/2/2023).

Baca Juga: Sengaja Dipilih yang Cantik, Ternyata Ada Alasan Khusus di Balik Terpilihnya Mbak LPSK yang Sigap Kawal Bharada E