Find Us On Social Media :

Risiko Besar Jadi Pengacara Brigadir J, Martin Simanjuntak Rela Tak Dibayar hingga Ungsikan Keluarga ke Luar Negeri

By Veronica S, Rabu, 22 Februari 2023 | 12:46 WIB

Martin Simanjuntak menceritakan awal mula dirinya bersedia untuk menjadi pengacara keluarga Brigadir J. Ia sempat minta istri bawa anak ke Prancis.

GridPop.ID - Rela tak dibayar hingga nekat ambil risiko besar, Martin Simanjuntak sempat ragu ketika ditawari menjadi pengacara keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Keputusan untuk menjadi pengacara Brigadir J diambil Martin Simanjuntak penuh dengan pertimbangan.

Bahkan Martin Simanjuntak sampai membawa keluarga ke luar negeri untuk mengungsi usai menjadi pengacara keluarga Brigadir J.

Dilansir dari Tribun Bogor, Martin Simanjuntak menceritakan saat awal dirinya bersedia untuk menjadi kuasa hukum dari keluarga Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J.

Awalnya, pada 13 Juli 2022, Martin bertanya kepada Kamaruddin Simanjuntak terkait profil dari terpidana mati kasus pembunuhan berencana Brigadir J, Ferdy Sambo secara lebih mendalam.

Pada saat itu, Martin hanya mengetahui bahwa Ferdy Sambo menjabat Kadiv Propam Polri.

Namun, ia tidak tahu bahwa Sambo adalah Kasatgassus Merah Putih yang sudah dibubarkan oleh Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo pasca kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Sebagai informasi, Satgassus Merah Putih merupakan divisi bentukan mantan Kapolri, Jenderal Tito Karnavian pada tahun 2017 dan memiliki wewenang melakukan penyelidikan sejumlah perkara seperti narkotika, ITE, dan Tindah Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Sementara Ferdy Sambo menjabat sebagai Kasatgassus Merah Putih pada Mei 2020 dan berakhir saat ditetapkan tersangka dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Bahkan, Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso pernah mengungkapkan bahwa Satgassus Merah Putih seperti layaknya kesatuan elite di Polri.

"Pada 13 Juli (2022) itu, kan saya sudah tahu ini rumah siapa, rumahnya Bapak Ferdy Sambo, jenderal bintang dua, Kadiv Propam. Pada saat itu kita belum tahu kalau dia Kasatgassus Merah Putih."

"Dan yang ngasih (informasi Sambo jadi Kasatgassus Merah Putih) itu ada orang hebat lah," ujarnya dalam siniar Zulfan Lindan Unpacking Indonesia yang dikutip pada Selasa (21/2/2023).

Baca Juga: Bagikan Momen Manis Malah Kena Nyinyir, Kiky Saputri Jawab Kritikan Terlalu Umbar Kebahagiaan Usai Menikah