Find Us On Social Media :

Amit-amit Kena Tipu Pinjol Ilegal, Nasabah Wajib Tahu Kalau Pinjaman Online Legal Cuma Bisa Akses 3 Hal Ini

By Grid.,Helna Estalansa, Senin, 27 Februari 2023 | 15:32 WIB

Ciri Pinjol Ilegal, Pinjaman Online Legal Hanya Boleh Akses 3 Hal Berikut Ini Dari Nasabah

GridPop.ID - Pinjaman online atau pinjol saat ini banyak diminati oleh masyarakat.

Hal ini karena pinjaman online atau pinjol dinilai lebih praktis dan mudah dalam meminjam uang.

Namun kamu juga perlu waspada terhadap pinjaman online ilegal alias pinjol ilegal ya.

Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI sekaligus Anggota Komisi XI DPR RI, Achmad Hafisz Tohir mengharapkan masyarakat untuk dapat lebih cerdas dalam melihat kewajaran sistem Financial Technology (Fintech) atau lebih dikenal dengan Pinjaman Online (Pinjol).

Pinjaman online legal hanya boleh mengakses tiga hal berikut dari nasabah yakni mikrofon, lokasi dan kamera.

Hafisz Tohir DPR RI mengungkap demi mencari keuntungan yang tidak wajar, pinjaman online ilegal kerap kali memanfaatkan kesulitan-kesulitan rakyat saat ini.

Hal itu disampaikannya langsung saat menjadi narasumber dalam Seminar Nasional tentang Pengenalan OJK melalui Sosialisasi Kewaspadaan Terhadap Pinjaman Online Ilegal di Emilia Hotel Palembang, Jumat (25/2/2023).

"Semakin canggih teknologi semakin canggih juga kejahatan. Jadi hati-hatilah, karena OJK juga sudah mensinyalir ada 10 ribu kejahatan-kejahatan pinjaman online ini," kata Hafisz Tohir.

Hafisz Tohir juga mengungkapkan, bahwa Kota Palembang merupakan salah satu kota paling banyak tingkat kejahatannya dalam pinjaman online.

"Paling banyak terjadi di kota Palembang, dan dilanjutkan di kota-kota yang ada di Sumsel," ujar Politisi Partai PAN tersebut.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Sumatera Bagian Selatan, Untung Nugroho menjelaskan, bahwa pihaknya akan terus berupaya dalam menjauhkan masyarakat dari pinjaman online ilegal.

Baca Juga: Dari Pinjol hingga Uang Rokok, Venna Melinda Tagih Kembali Seluruh Pengeluaran yang Pernah Diminta Ferry Irawan