Find Us On Social Media :

3 Tips Olahraga yang Baik dan Benar saat Puasa Ramadhan, Rasakan Efek Luar Biasa Pada Tubuh Setelahnya!

By Lina Sofia, Minggu, 26 Maret 2023 | 04:02 WIB

Ilustrasi olahraga

GridPop.ID - Ibadah puasa bukan menjadi halangan untuk tetap berolahraga.

Sebab olahraga merupakan aktivitas penting untuk menjaga kebugaran tubuh yang bisa dilakukan kapan saja, termasuk di bulan Ramadhan.

Lantas bagaimana tips olahraga yang baik dan benar saat puasa Ramadhan?

Mengutip artikel Kompas.com, dokter spesialis Olahraga, dr. Donny Kurniawan, Sp.KO (K) menerangkan berolahraga saat sedang berpuasa tetap aman dilakukan asalkan tahu tekniknya.

Pertama yang perlu diperhatikan adalah jenis olahraga yang dipilih. Ia menyarankan untuk tidak memilih jenis olahraga atau exercise dengan intensitas tinggi.

Untuk jenis olahraga dr. Donny Kurniawan, Sp.KO (K) menyarankan jenis-jenis olahraga yang bersifat maintenance yang dilakukan secara berkala. Kuncinya adalah tetap berolahraga namun tubuh masih cukup memiliki energi untuk beraktivitas.

Sebab selama berpuasa terjadi perubahan pola makan sehingga energi dalam tubuh dan hidrasi tidak bisa diisi ulang sewaktu-waktu.

Namun jika memang ingin olahraga atau exercise yang bersifat target maka bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Ia memberikan tiga rekomendasi waktu berolahraga saat berpuasa.

Pertama adalah waktu setelah sahur dimana tubuh baru saja mendapatkan asupan nutrisi. Namun ia mengatakan berolahraga pada waktu ini harus betul-betul dilakukan secara bijaksana.

“Setelah sahur banyak yang memilih berjalan dengan intensitas sedang sebelum memulai hari, tantangannya adalah haus dan lapar bila intensitas terlalu berat,” terangnya.

Baca Juga: Tips Tidur Setelah Sahur Bagi Penderita Maag, Hindari Posisi Ini Meski Bikin Pulas