Find Us On Social Media :

Kisah Wafatnya Putri Tercinta Nabi Muhammad Fatimah Az Zahra di Awal Ramadhan, Sayyidina Ali Sampai Terpukul saat Ziarahi Makam Kekasihnya

By Lina Sofia, Selasa, 28 Maret 2023 | 11:32 WIB

Kisah wafatnya putri kesayangan Nabi Muhammad saw, Fatimah Az Zahra

GridPop.ID - Kisah wafatnya putri kesayangan Nabi Muhammad, Fatimah Az-Zahra.

Kisah memilukan terjadi saat wafatnya putri kesayangan Nabi Muhammad Fatimah Az-Zahra pada awal puasa Ramadan tahun ke-11 Hiriah yang juga menjadi hari bersejarah bagi umat Islam.

Pasalnya, ketika puasa Ramadan yang harusnya menjadi bulan penuh kegembiraan, putri tercinta Nabi Muhammad, yakni Sayyidah Fatimah Az zahra wafat.

Beliau wafat di hari ketiga Ramadan, ketika usianya 28 tahun.

Seluruh umat Islam di duniapun saat itu menangis.

Dilansir artikel Kompas TV, dikisahkan, Sayyidah Fatimah adalah putri yang paling dicintai Nabi Muhammad, dan merupakan seorang ulama perempuan yang begitu dihormati.

Suami dari Sayyidah Aisyah, Khalifah Ali bin Abi Thalib, pun tak kuasa menahan tangis dan terpukul akibat berpulangnya sang kekasih keharibaan Allah SWT.

Dinukil dalam buku Wanita-Wanita Kebanggaan Islam karya Umar Ahmad ar-Rawi, dikisahkan Ali bin Abi Thalib memimpin langsung salat jenazah dan menguburkan istri tercintanya itu.

Dikisahkan dalam buku tersebut, Ali bin Thalib langsung yang memimpin prosesi salat jenazah dan mengantarkan istrinya tercinta sampai ke pemakaman.

Umat Islam pun menangis, bahkan digambarkan langit pun turut menangis mengantarkan kepergian putri Nabi Muhammad bersama Ummul Mukminin Sayyidah Khadijah tersebut.

Khalifah Ali bin Abi Thalib yang berusaha tegar pun tak kuasa menahan tangis, apalagi ketika ia berada di rumah dan terkenang sang istri.

Baca Juga: 3 Hal Sederhana yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW yang Bisa Ditiru di Kehidupan, Salah Satunya Jangan Egois