Find Us On Social Media :

Mitos atau Fakta Nanas Mempercepat Persalinan? Begini Penjelasan Ahli

By Andriana Oky, Minggu, 9 April 2023 | 04:17 WIB

Ilustrasi nanas

GridPop.ID - Ada beberapa kasus orangtua ingin mempercepat kelahiran.

Konon katanya salah satu cara yang diyakini bisa mempercepat proses kelahiran adalah dengan mengonsumsi buah nanas.

Lantas benarkah buah nanas bisa mempercepat persalinan?

Merujuk artikel terbitan Kompas.com, disebutka jika isu nanas untuk induksi persalinan ini disebabkan karena selain kaya serat, vitamin, dan berbagai kandungan bioaktif lainnya, buah ini juga mengandung enzim yang disebut sebagai bromelain.

Menurut perawat persalinan dan pendiri situs edukasi postpartum Mommy Labor Nurse Liesel Teen, BSN, RN, bromelain ini diyakini dapat melunakkan leher rahim dan memicu kontraksi.

Kendati demikian, pemilik podcast Lady Parts Doctor Stephanie Hack, MD berpendapat, hubungan antara bromelain dan penipisan leher rahim masih belum dapat dibuktikan.

"Beberapa bukti anekdot menunjukkan bahwa nanas dapat membantu persalinan, namun, tidak ada bukti kuat yang mendukungnya. Diperkirakan enzim bromelain nanas dapat membantu melembutkan leher rahim, tapi ini belum terbukti,” ujar Hack.

Menurut Teen, sebenarnya risiko memakan nanas hanyalah heartburn dan atau sakit perut saja.

"Risiko terbesar akibat memakan terlalu banyak nanas adalah heartburn atau refluks asam. Saat buah dengan kadar asam dikonsumsi dalam porsi besar, mual, diare, dan sakit perut bisa terjadi,” ujarnya.

Baca Juga: 3 Manfaat Nanas untuk Kesehatan, Hasil Penelitian Ungkap Kandungannya yang Kaya Antioksidan untuk Tangkal Penyakit