Find Us On Social Media :

Baru Setahun Menjabat, Walikota Bandung Terjerat OTT KPK Terima Suap Rp 924 Juta

By Andriana Oky, Minggu, 16 April 2023 | 11:47 WIB

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana terkena OTT KPK, punya motor Rp 350 juta.

GridPop.ID - Wali Kota Bandung Yana Mulyana mendapat sorotan tajam dari publik saat ini.

Yana Mulyana terjaring operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (14/4/2023).

KPK menduga Yana Mulyana melakukan tindak pidana suap pengadaan CCTV dan jasa penyedia jaringan internet di Bandung.

Diwartakan Kompas.com, suap diberikan oleh PT SMA, salah satu perusahaan yang menjadi pelaksana pengadan CCTV dan layanan jasa internet untuk program Bandung Smart City.

Dari suap yang diterima, Yana mendapat fasilitas jalan-jalan gratis ke Thailand dengan menggunakan anggaran dari PT Sarana Mitra Adiguna (SMA) tersebut.

Selain Yana dan keluarganya, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, Dadang Darmawan dan Sekretaris Dishub Kota Bandung, Khairul Rijal juga turut serta dalam perjalanan itu.

“Sekitar Januari 2023, Yana bersama keluarga, Dadang dan Khairul Rijal juga menerima fasilitas ke Thailand dengan menggunakan anggaran milik PT SMA,” ujar Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron dalam konferensi pers di KPK, Minggu (16/4/2023) dini hari.

Ghufron juga menyebut Yana diduga menerima uang saku dari Manager PT SMA, Andreas Guntoro.

Uang itu diberikan melalui Khairul Rijal.

Baca Juga: Video Detik-detik Oded Danial Pingsan Sebelum Ceramah Sholat Jumat Tersorot, Kebaikan Wali Kota Bandung Semasa Hidup Terungkap

“Yana Mulyana menggunakan uang saku tersebut dengan membeli sepasang sepatu merek Louis Vuitton,” kata Ghufron.

Adapun suap diberikan karena dadang telah memerintahkan untuk mengubah termin pembayaran kontrak pekerjaan jasa internet senilai Rp 2,5 miliar dari 3 termin menjadi 4 termin.