Find Us On Social Media :

Gak Perlu Panik Hadapi Cuaca Panas Saat Ini, BMKG Sarankan Tips Agar Gunakan Tabir Surya saat di Luar Ruangan

By Grid.,Helna Estalansa, Rabu, 26 April 2023 | 09:17 WIB

Sinar matahari di siang hari

GridPop.ID - Belakangan ini, masyarakat Indonesia mengeluhkan soal teriknya sinar matahari.

Bagaimana tidak? Panas yang dirasakan tidak seperti cuaca panas pada biasanya.

Karena hal itulah, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memberikan sebuah tips untuk kamu semua.

Dwikorita Karnawati mengatakan, masyarakat Indonesia tidak perlu panik menyikapi informasi mengenai kondisi paparan sinar ultraviolet (UV) harian.

Menurut dia, masyarakat dapat segera merespons kondisi tersebut dengan langkah-langkah yang tepat.

"Tidak perlu panik, masyarakat agar mengikuti dan melaksanakan imbauan respons bersesuaian yang dapat dilakukan untuk masing-masing kategori indeks UV," ujar Dwikorita dilansir dari siaran pers BMKG, Selasa (25/4/2023).

"Seperti menggunakan perangkat pelindung atau tabir surya apabila melakukan aktivitas di luar ruangan," kata dia.

Dwikorita menyampaikan, besar kecilnya radiasi UV yang mencapai permukaan bumi memiliki indikator nilai indeks UV.

Indeks ini dibagi menjadi beberapa kategori, yakni 0-2 (low), 3-5 (moderate), 6-7 (high), 8-10 (very high), dan 11 ke atas (extreme).

Secara umum, pola harian indeks ultraviolet berada pada kategori “low” di pagi hari, mencapai puncaknya di kategori “high”, “very high”, sampai dengan “extreme” ketika intensitas radiasi matahari paling tinggi di siang hari antara pukul 12:00 s.d. 15:00 waktu setempat.

"Dan bergerak turun kembali ke kategori “low” di sore hari. Pola ini bergantung pada lokasi geografis dan elevasi suatu tempat, posisi matahari, jenis permukaan, dan tutupan awan," ujar Dwikorita.

Baca Juga: Pantas Teriknya Tidak Seperti Biasa, 10 Daerah Ini Tercacat Memiliki Suhu Panas Tertinggi di Indonesia, Apakah Ada Wilayahmu?