Find Us On Social Media :

Minat Orang untuk Lakukan Hubungan Intim Bisa Turun dari Waktu ke Waktu, Ini Alasannya

By Luvy Octaviani, Minggu, 3 September 2023 | 09:16 WIB

ilustrasi hubungan intim

GridPop.ID - Hubungan intim merupakan salah satu hal yang membuat pasangan suami istri langgeng.

Namun, minat orang untuk melakukan hubungan intim bisa turun waktu ke waktu.

Melansir dari laman kompas.com, tidak dapat dipungkiri jika seiring berjalannya waktu, hubungan seksual antara pasangan suami-istri dapat menurun.

Apalagi bagi mereka yang sudah menikah dengan jangka waktu yang cukup lama.

Menurut survei sosial umum yang dilakukan pada tahun 1999 hingga 2014, responden menyatakan bahwa jumlah rata-rata hubungan seksual mereka dalam setahun telah berkurang dari waktu ke waktu.

Kendati demikian, penurunan hubungan seksual yang dialami oleh pasangan suami-istri tidak terjadi begitu saja dan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor yang kompleks.

Seperti yang dijelaskan oleh dokter spesialis urologi dan ahli pendidikan seksual Dr Rena Malik bahwa menurunnya hubungan seks di antara pasangan suami-istri tidaklah sederhana.

Memiliki anak dan banyak kesibukan lain

Melalui channel YouTube miliknya, Dr Malik mengatakan, orang-orang yang paling banyak mengalami penurunan hubungan seks adalah mereka dengan usia paruh baya yang memiliki anak usia sekolah.

"Itu masuk akal karena kita punya anak untuk diurus, kita bekerja, dan juga harus mengelola rumah tangga. Jadi, kita kurang punya waktu untuk keintiman," terangnya.

Dia pun melanjutkan bahwa beberapa orang yang memasuki usia lanjut (lansia) — di mana anak-anak mereka sudah mulai mandiri — bisa mengalami penurunan gairah untuk berhubungan intim.

Baca Juga: Jangan Salah! Ini loh Hal-hal yang Diidamkan Pasangan saat Hubungan Intim Menurut Seksolog Zoya Amirin