Find Us On Social Media :

Lebih Kejam dari Pinjol, Ini Arti Kata Pinpri yang Viral di TikTok

By Andriana Oky, Senin, 4 September 2023 | 11:45 WIB

ilustrasi uang

GridPop.ID - Belakangan ini viral di TikTok kata pinpri.

Konon katanya, kata pinpri yang viral di TikTok ini disebut lebih kejam ketimbang pinjol.

Melansir TribunTrends.com diungkapkan Pinpri adalah singkatan dari pinjaman pribadi alias seseorang yang menawarkan pinjaman uang kepada orang lain.

Seseorang itu menawarkan pinjaman uang dari individu ke individu, bukan individu ke lembaga pinjaman ataupun aplikasi pinjaman online.

Ibaratnya, kamu meminjam uang dari teman atau keluarga namun bedanya adalah ini meminjam dari orang yang menawarkan.

Pinpri adalah istilah viral yang digunakan di Twitter/X untuk menawarkan jasa peminjaman uang pribadi dari pribadi lain.

Sekilas, gambaran meminjam uang dari orang lain ini sama seperti ketika meminjam uang dari teman atau keluarga kemudian bisa dikembalikan sesuai perjanjian jatuh tempo.

Cara kerja atau sistem pinpri yang viral di media sosial ini tidak sesederhana itu.

Meski meminjam dari perseorangan, bukan lembaga atau aplikasi pinjaman online, namun ada syarat yang harus dipenuhi dan biaya yang perlu dibayarkan.

Contohnya, jika kamu meminjam sebesar Rp500 ribu maka biayanya sebesar Rp75 ribu, jika meminjam Rp1 juta, maka biayanya Rp110 ribu, dan seterusnya.

Biaya ini tergantung ketentuan dari orang yang menawarkan pinpri, berapa nominalnya yang harus dibayarkan jika kamu meminjam nominal tertentu.

Baca Juga: Arti Kata Bolo yang Viral di TikTok, Ternyata Berasal dari Daerah Ini