Find Us On Social Media :

Semula Abu Tetiba Jadi Biru, Perubahan Warna Mata Bocah Ini Viral di TikTok, Keluarga Syok Temukan Fakta Ini

By Luvy Octaviani, Minggu, 17 September 2023 | 07:16 WIB

ilustrasi mata biru

GridPop.ID - Kejadian yang dialami oleh bocah ini mendadak viral di TikTok.

Bagaimana tidak? perubahan mencolok pada mata bocah ini membuat keluarganya terkejut.

Pasalnya, warna mata bocah ini awalnya abu mendadak berubah jadi biru.

Melansir dari laman tribunjatim.com, seorang bocah membuat heboh publik, dan viral di media sosial.

Itu karena bocah tersebut bermata biru.

Terkait hal ini, keluarga langsung cek silsilah.

Tak biasa, bocah lelaki ini viral karena memiliki mata biru yang indah.

Orangtua bocah ini pun syok mengetahui anaknya memiliki mata berbeda dari keduanya.

Setelah mengecek silsilah keluarga, mereka heran tidak ada darah bule.

Lantas dari mana mata biru bocah tersebut berasal?

Dikutip dari mStar via tribuntrends.com pada Sabtu (16/9/2023), memiliki mata biru menjadi dambaan setiap orang.

Baca Juga: Tak Mengayomi Malah Memaki, Oknum Polisi Keluarkan Kata-kata Kasar ke Pengendara Motor saat Lakukan Tilang, Enteng Akui Khilaf

Namun biasanya dimiliki oleh mereka yang keturunan Eropa atau berkulit putih saja.

Bagi masyarakat nusantara, matanya sebagian besar berwarna hitam atau coklat.

Namun siapa sangka, lewat video viral di TikTok, seorang anak Kelantan terlihat mendapat kado istimewa saat matanya membiru!

Ayah dari anak yang beruntung tersebut, Amran Jusoh (43) mengatakan putranya yang berusia sembilan tahun mulai mengalami perubahan warna mata yang drastis segera setelah lahir.

“Pertama kali saya melihat anak saya, Muhammad Amzar Syakir, saya perhatikan matanya agak abu-abu.

Dua minggu setelah itu, warna biru cair mulai muncul di mata Amzar, berangsur-angsur menjadi lebih jelas.

"Awalnya kami khawatir kenapa ini terjadi. Kami takut terjadi sesuatu ya," kata Amran.

Menurut Amran yang merupakan pengawas asrama Sekolah Menengah Nasional (SMK) Ismail Petra, Kota Bharu, Kelantan, ia membawa Amzar ke dokter spesialis saat putranya berusia tiga tahun.

“Kami membawa Amzar ke dokter di Rumah Sakit Universiti Sains Malaysia (HUSM), Kubang Kerian, yang merupakan rumah sakit yang sama tempat Amzar dilahirkan.

Kata dokter, kemungkinan ada kaitannya dengan faktor genetik pada keturunan.

“Kata dokter, kemungkinan terjadinya hal ini adalah satu berbanding sejuta, sangat jarang.

Baca Juga: Kaki Terangkat saat Tidur Pulas, Pria Diduga Diseret Makhluk Halus di Mushola hingga Videonya Viral di TikTok

Aku dan istriku juga agak aneh, seingat kami, orang tua dan kakek nenek kami bahkan tidak memiliki mata biru.

“Kami kira mungkin dimulai dari generasi sebelumnya, ada yang hibrida dengan siam, sekarang muncul kembali di anak saya,” kata Amran mencoba menebak.

Namun Amran bersyukur meski putranya memiliki mata yang unik, namun tidak mempengaruhi kesehatannya dan Amzar bisa tumbuh seperti anak normal.

“Amzar bisa melihat seperti biasa, dalam keadaan gelap atau di bawah terik matahari, dia bisa melihat tanpa ada blur atau silau, penglihatannya jelas.

“Beliau juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya, hari itu Amzar mewakili sekolah kriket di Dewan Olah Raga Sekolah Daerah (MSSD) Kota Bharu, dan bulan lalu beliau ikut lomba cross country, siap meraih kemenangan lagi.

“Jadi saya melihat Amzar tidak menghadapi masalah apa pun. Teman-teman Amzar di sekolah memperlakukannya dengan baik dan tidak ada yang menindasnya atau semacamnya.

Rasa percaya diri Amzar juga tidak terpengaruh dengan kondisi mata birunya. Oleh karena itu, saya dan istri belum ada rencana dalam waktu dekat untuk mengonsumsi Amzar untuk pengobatan lanjutan atau pengobatan alternatif, kata Amran.

Amran menambahkan, putranya yang bersekolah di Sekolah Nasional (SK) Long Gafar, Kota Bharu juga kerap menjadi pusat perhatian.

“Kalau kemana-mana, di antara kelima saudaranya, Amzar lah yang sering dikritik orang, mereka bertanya kenapa matanya seperti itu.

Baca Juga: Viral di TikTok Anggota TNI Menyamar Jadi Tukang Batagor Demi Cinta sang Gadis, Endingnya Bikin Netizen Senyum!

Ya, orang Melayu sejati bisa bermata biru, jarang kita lihat.

“Amzar adalah anak ketiga saya, meski selama ini baik-baik saja, terkadang ada juga kekhawatiran tentang mata birunya. Hari itu saya membaca artikel yang mengatakan bahwa mata biru pertanda tulang busuk.

“Tetapi karena saya melihat Amzar aktif berolahraga dan melakukan aktivitas ekstrim, saya rasa itu hanya mitos belaka.

“Hal lain yang saya perhatikan pada anak saya, ketika dia berpindah dari tempat terang ke tempat gelap atau sebaliknya, perubahan pada pupil matanya terlihat jelas, mungkin karena warna biru yang kontras di tepi iris matanya,” ucap Amran menutup pembicaraan.

Apa yang Menentukan Warna Mata Seseorang?

Dilansir oleh tribunnews.com dari Medline Plus, warna mata ditentukan oleh variasi gen seseorang. 

Sebagian besar gen yang terkait dengan warna mata terlibat dalam produksi, transportasi, atau penyimpanan pigmen yang disebut melanin.  Warna mata berhubungan langsung dengan jumlah melanin di lapisan depan iris. 

Seseorang yang memiliki mata berwarna cokelat memiliki jumlah melanin yang banyak di iris, sedangkan orang dengan mata biru memiliki lebih sedikit melanin.

Daerah tertentu pada kromosom 15 memainkan peran utama dalam warna mata.  Dalam wilayah ini, ada dua gen yang terletak sangat berdekatan, yakni OCA2 dan HERC2.

Protein yang dihasilkan dari gen OCA2, yang dikenal sebagai protein P, terlibat dalam pematangan melanosom, yang merupakan struktur seluler yang memproduksi dan menyimpan melanin. 

Oleh sebab itu, protein P memainkan peran penting dalam jumlah dan kualitas melanin yang ada di iris. 

Baca Juga: Arti Kata Orgy yang Viral di TikTok Pasca Polisi Bongkar Praktik Hubungan Intim Tak Lazim di Semanggi

Beberapa variasi umum (polimorfisme) pada gen OCA2 mengurangi jumlah protein P fungsional yang dihasilkan. 

Lebih sedikit protein P berarti lebih sedikit melanin yang ada di iris, yang mengarah seseorang memiliki mata biru.

Sebuah wilayah gen HERC2 terdekat yang dikenal sebagai intron 86 berisi segmen DNA yang mengontrol aktivitas (ekspresi) gen OCA2. 

Setidaknya satu polimorfisme di area gen HERC2 ini telah terbukti mengurangi ekspresi OCA2 dan menurunkan produksi protein P yang menyebabkan berkurangnya melanin di iris dan mata berwarna lebih terang.

Beberapa gen lain memainkan peran yang lebih kecil dalam menentukan warna mata. 

Beberapa gen ini juga terlibat dalam pewarnaan kulit dan rambut. Adapun gen lain yang memiliki peran dalam menentukan warna mata termasuk ASIP, IRF4, SLC24A4, SLC24A5, SLC45A2, TPCN2, TYR, dan TYRP1. 

Efek dari gen ini kemungkinan bergabung dengan OCA2 dan HERC2 untuk menghasilkan rangkaian warna mata pada orang yang berbeda. GridPop.ID (*)