Find Us On Social Media :

Kumpulan Quotes Tentang Pendidikan Dalam Rangka Peringatan Hari Pelajar Internasional 2023

By Ekawati Tyas, Rabu, 15 November 2023 | 11:45 WIB

Ilustrasi pelajar

GridPop.ID - 15 Quotes tentang pendidikan yang cocok sebagai ucapan peringatan Hari Pelajar Internasional.

Hari Pelajar Internasional diperingati setiap tanggal 17 November.

Melansir Kompas.com, peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik untuk melindungi hak-hak kaum muda dan mendukung mereka untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

Tak hanya itu, Hari Pelajar Internasional juga dibuat untuk mengenang keberanian para aktivis mahasiswa selama penyerbuan Nazi di Universitas Charles, Praha, pada tahun 1939.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Charles menggelar demonstrasi untuk memperingati kemerdekaan Republik Cekoslowakia yang ke-21 pada 28 Oktober 1939.

Sayangnya, Nazi secara brutal menekan aksi tersebut sehingga mengakibatkan kematian seorang mahasiswa akibat luka tembak dan belasan lainnya terluka.

Prosesi pemakaman mahasiswa tersebut pun menarik perhatian ribuan mahasiswa di Praha yang berduka.

Kemudian acara ini berakhir dengan aksi unjuk rasa menentang Nazi dan memperjuangkan hak untuk pendidikan tinggi. Aksi ini pun kembali dibungkam secara brutal oleh Nazi.

Kejadian tersebut membuat semua universitas di Ceko ditutup. Pasukan Nazi juga menangkap dan mengeksekusi sembilan pengunjuk rasa tanpa pengadilan, serta mengirim lebih dari 1.200 siswa ke kamp konsentrasi.

Dua tahun setelahnya, International Students’ Council diadakan di London.

Dihasilkan kesepakatan untuk mendeklarasikan Hari Pelajar Internasional yang diperingati setiap 17 November. Hingga kini, hari ini menjadi hari libur umum di Republik Ceko dan Slovakia dan secara resmi disebut "Hari Perjuangan untuk Kebebasan dan Demokrasi".

Baca Juga: Kumpulan Quotes Serial Gadis Kretek, Banyak Pesan Moral yang Bisa Dijadikan Pelajaran