Find Us On Social Media :

Heboh Penemuan Manusia Purba di Kota Kuno, Terbongkar Alat yang Digunakan untuk Bertahan Hidup

By Edi Torgri, Selasa, 21 November 2023 | 11:32 WIB

Rekonstruksi dari tengkorak Denisovan, potensial berusia 146.000 tahun dari Harbin, Tiongkok

GridPop.ID - Heboh penemuan manusia purba mengejutkan banyak pihak.

Penemuan mengacu pada artefak atau bukti-bukti arkeologis yang menunjukkan keberadaan manusia pada masa lalu.

Berikut adalah beberapa penemuan manusia purba yang penting:

  1. Alat Batu:

    • Oldowan (2,6 juta hingga 1,7 juta tahun yang lalu): Alat batu sederhana yang pertama kali ditemukan di situs Olduvai Gorge di Tanzania. Alat ini umumnya terdiri dari batu tulang dan digunakan untuk memecah biji-bijian dan daging.
    • Acheulean (1,7 juta hingga 200 ribu tahun yang lalu): Alat batu yang lebih canggih ditemukan di seluruh Afrika, Eropa, dan Asia. Contohnya termasuk kapak tangan.
  2. Tembikar dan Seni Lukis di Dinding Guattari (25.000 hingga 23.000 tahun yang lalu):

    • Di Grotta Guattari, Italia, ditemukan tembikar dan seni lukis di dinding gua yang menunjukkan keberadaan manusia pada periode Paleolitikum Atas.
  3. Gua Lascaux (15.000 tahun yang lalu):

    • Terletak di Prancis, gua ini berisi lukisan dinding dan seni prasejarah yang indah, yang menggambarkan hewan-hewan dan adegan kehidupan sehari-hari.
  4. Venus Willendorf (28.000 hingga 25.000 tahun yang lalu):

    • Patung batu kecil yang mewakili figur manusia yang gemuk dan dilapisi oksida besi. Ditemukan di Willendorf, Austria, patung ini dianggap sebagai salah satu karya seni prasejarah yang paling terkenal.
  5. Neolithikum (sekitar 12.000 hingga 2.000 tahun yang lalu):

    • Periode ini ditandai dengan peralihan dari gaya hidup pemburu-pengumpul menjadi pertanian dan peternakan. Penemuan ini mencakup perkakas pertanian, tembikar, dan bangunan permanen.
  6. Kota-kota Kuno (sekitar 4.000 hingga 1.000 tahun yang lalu):

    • Sumeria, Mesir Kuno, lembah Sungai Indus, dan Tiongkok Kuno adalah tempat lahirnya peradaban-peradaban awal dengan temuan seperti tulisan, bangunan monumental, sistem irigasi, dan pengembangan seni dan arsitektur.
  7. Ötzi the Iceman (sekitar 3.300 tahun yang lalu):

    • Mayat manusia purba yang disebut "Ötzi" ditemukan di Pegunungan Alpen di perbatasan Italia dan Austria. Kondisi es di tempat penemuan memungkinkan tubuhnya untuk tetap utuh.

Penemuan-penemuan ini memberikan wawasan yang berharga tentang perkembangan manusia selama ribuan tahun, cara hidup, dan kemampuan teknologinya. Para arkeolog dan peneliti terus mengeksplorasi situs-situs baru untuk memperdalam pemahaman kita tentang sejarah manusia purba.

Baca Juga: Bikin Ogah Pulang! Penampakan Toilet SPBU di Sukabumi Viral di TikTok, Estetik dan Super Mewah