Find Us On Social Media :

Jatuh pada Hari Ini, Inilah 10 Quotes yang Menginspirasi dalam Rangka Rayakan Hari Siwaratri

By Helna Estalansa, Selasa, 9 Januari 2024 | 13:45 WIB

Hari Siwaratri jatuh pada tanggal 9 Januari

GridPop.ID - Kumpulan quotes yang menginspirasi ini cocok dijadikan status di media sosial terutama bagi kamu yang memperingati Hari Siwaratri.

Hari Raya Siwaratri merupakan momen sakral bagi umat Hindu Bali.

Dan Hari Siwaratri tahun ini jatuh pada tanggal 9 Januari.

Melansir dari Kompas.com, setiap tahun, umat Hindu Bali merayakan Hari Siwaratri.

Sebuah perayaan yang diadakan setahun sekali berdasarkan kalender Isaka, khususnya pada purwaning Tilem atau panglong ping 14 sasih Kepitu (bulan ke tujuh) dalam perhitungan kalender Bali, yang dalam kalender masehi jatuh pada bulan Januari.

Tahun ini, Hari Siwaratri jatuh pada tanggal 9 Januari 2024, mengikuti perhitungan dari situs Kalender Bali dan situs resmi Universitas Udayana.

Hari Siwaratri memiliki tujuan utama untuk melakukan pemujaan terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Dewa Siwa.

Dalam bahasa Bali, Siwaratri berasal dari dua kata, yaitu "Siwa" yang artinya baik hati, suka memaafkan, memberi harapan, dan membahagiakan.

Dan "Ratri" yang berarti malam atau juga dapat diartikan sebagai kegelapan.

Mengacu pada makna kata-kata tersebut, Hari Siwaratri menjadi momen penting untuk melaksanakan ritual yang diartikan sebagai malam peleburan kegelapan dalam diri dan hati, menuju jalan yang lebih terang dan lebih baik.

Ritual ini mencerminkan tekad untuk membersihkan diri dari segala dosa, kesalahan, dan kegelapan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Quotes Penyemangat untuk Bestie yang Baru Kena PHK, Beri Motivasi Agar Tetap Tegar Lanjutkan Hidup