Find Us On Social Media :

Kerap Dipakai Gen Z, Apa Arti Personal Selling yang Viral di TikTok? Kenali Cirinya

By Luvy Octaviani, Kamis, 18 Januari 2024 | 19:43 WIB

TikTok

GridPop.ID - TikTok menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan.

Penggunanya pun tidak segmented dan berasal dari berbagai kalangan mulai dari generasi milenial hingga baby boomers.

Melansir dari laman kompas.com, TikTok adalah salah satu platform media sosial yang saat ini cukup populer di Indonesia.

Sejak awal 2021, aplikasi berbasis video pendek yang diciptakan oleh perusahaan teknologi China, ByteDance Ltd ini telah diunduh oleh sekitar 30 jutaan users di Indonesia.

Indonesia saat ini menjadi negara kedua dengan pengguna TikTok terbanyak setelah Amerika Serikat.

Banyaknya pengguna TikTok membuat istilah-istilah baru muncul.

Baru-baru ini, istilah Personal Selling menjadi viral di TikTok.

Apa arti personal selling?

Dikutip oleh tribuntrends.com dari laman Gramedia.com, menurut Henry Simamora, personal selling merupakan penyampaian secara lisan atau lebih mirip dengan percakapan antara satu atau lebih calon konsumen dengan penjual.

Hal tersebut dilakukan supaya calon konsumen mau melakukan proses penjualan atau membeli produk yang tengah ditawarkan tersebut.

Adapun menurut Pride dan Ferrel, personal selling merupakan suatu bentuk komunikasi yang dijalin secara pribadi, berupa memberikan informasi dan membujuk konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Populer di Kalangan Gen Z, Ini Arti Istilah Reach Out yang Viral di TikTok, Jangan Asal Ucap!

Menurut Tjiptono, personal selling merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan secara langsung atau tatap muka antara penjual dengan calon konsumen.

Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan produk sekaligus memberikan pemahaman kepada konsumen atas suatu produk yang ditawarkan, supaya mereka mau membelinya.

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan:

Personal selling adalah upaya komunikasi dua arah yang bersifat persuasif (mengajak) antara penjual dengan konsumen untuk memperkenalkan suatu produk supaya calon konsumen tersebut mau melakukan transaksi jual-beli.

Ciri-ciri Personal Selling

Ada beberapa ciri dari personal selling yang berbeda dari metode pemasaran lain, yaitu:

1. Hubungan Langsung Secara Personal Confrontation

Kedua belah pihak yang melakukan transaksi akan saling mempelajari mengenai sifat, kebutuhan, dan secara tidak disadari mereka akan melakukan penyesuaian.

2. Hubungan Akrab Secara Cultivation

Personal selling dapat meningkatkan hubungan antar pramuniaga dengan pembeli lebih dekat dan akrab.

3. Adanya Tanggapan (Response)

Baca Juga: Curhatan Siswa SMP Ditelantarkan Ayah Kandung Demi Kekasih Viral di TikTok, Bikin Guru di Kelasnya Hanya Bisa Duduk Terdiam

Tanpa disadari, aktivitas pembeli dengan penjual saling berkaitan sehingga membentuk reaksi atau tanggapan.

Tujuan Personal Selling

Personal selling bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan kepada calon konsumen untuk bisa membeli produk.

Tujuan lainnya yaitu:

Informasi pasar ini nantinya akan berhubungan dengan sasaran pemasaran yang lebih luas, selain itu juga dapat digunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan penjualan terhadap pelanggan sekarang maupun di masa depan. GridPop.ID (*)