Find Us On Social Media :

Sempat Disinggung Cawapres Gibran dalam Debat, Ini Arti Istilah Greenflation yang Viral di TikTok

By Andriana Oky, Minggu, 4 Februari 2024 | 15:45 WIB

Viral di TikTok, ini arti istilah Greenflation

GridPop.ID - Belakangan ini viral di TikTok kata Greenfaltion.

Kata Greenflation ini sendiri muncul dan mulai ramai di tengah masa kampanye Pilpres 2024.

Meski populer, namun belum banyak yang tahu arti kata Greenflation ini.

Melansir TribunTrends.com diungkapkan istilah greenflation ini sempat disinggung oleh calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming dalam debat keempat Pilpres, Minggu (22/1/2024) lau.

"Bagaimana cara mengatasi greenflation? terima kasih," tanya Gibran saat debat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Greenflasion dapat diartikan sebagai inflasi hijau.

Berdasarkan Blog Kamus Cambridge, greenflation diartikan sebagai "kenaikan harga akibat peralihan ke ekonomi hijau".

Sementara mengutip pernyataan Anggota Dewan Eksekutif European Central Bank (ECB), Isabel Schnabel, greenflation mengacu pada kenaikan harga dan krisis tenaga kerja yang terjadi seiring dengan adanya transisi ramah lingkungan.

Adapun dampak dari greenflation ini, satu di antaranya pecahnya demo rompi kuning di Prancis dalam rentang 17 November 2018- 5 Januari 2019.

Baca Juga: Dipopulerkan Bintang Film Dewasa Filipina, Ini Arti Kata Pinay yang Viral di TikTok

Mengutip dari Kompas.com, Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, secara umum greenflation dapat diartikan sebagai dampak yang diciptakan akibat transisi energi.

“Greenflation ini kan sebetulnya dampak yang diciptakan ketika transisi energi ataupun dekarbonisasi itu bisa menyebabkan kenaikan harga, terutama di tingkat produsen dan konsumen,” kata Bhima kepada Kompas.com, Senin (22/1/2024).