Find Us On Social Media :

Quotes Bijak Peringati Hari Pramuka Sedunia pada 22 Februari, Semangat Kepemimpinan hingga Pengabdian

By Veronica S, Kamis, 22 Februari 2024 | 15:15 WIB

Simak kumpulan quotes yang menginspirasi untuk merayakan Hari Pramuka Sedunia pada 22 Februari 2024 ini.

GridPop.ID - Hari Pramuka Sedunia atau Hari Kepanduan Sedunia diperingati setiap tanggal 22 Februari tiap tahunnya.

Terdapat banyak quotes Hari Pramuka Sedunia yang bisa jadi inspirasi serta apresiasi atas keberhasilan pramuka dalam organisasi kepanduan.

Dilansir dari laman resmi Pramuka via Kompas.com, kepanduan dunia berawal dari pemikiran seorang pemuda Inggris yang merangkum atau menulis pengalamannya saat bertugas di Afrika dan India bernama Lord Baden Powell of Giwell.

Baden Powell lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di London, ayahnya seorang Profesor Geometry di Universitas Oxfort, bernama Domine Baden Powell yang meninggal ketika Stephenson masih kecil.

Baden Powell memiliki beragam pengalaman dalam organisasi kepanduan. Ia pernah bergabung dengan pasukan Hussars ke 13 di India pada tahun 1876, kemudian dari tahun 1888 – 1895 Baden Powell sukses bertugas di India, Afganistan, Zulu, dan Ashanti.

Sejumlah pengalamannya ia tuliskan menjadi sebuah buku dengan judul “AIDS TO SCOUTING".

Buku ini berisi cara menjelajahi hutan yang diperlukan kecakapan tertentu, baik diperoleh dari alam ataupun tokoh masyarakat yang dilalui. Selain itu mempelajari bagaimana cara bertahan hidup di alam liar.

Berkat buku tersebut akhirnya yang menjadi awal lahirnya kepanduan atau yang dikenal dengan pramuka.

Hari Pramuka Sedunia adalah kesempatan untuk menghargai kontribusi Pramuka dalam membentuk karakter pemuda dan mempromosikan nilai-nilai kepemimpinan, keberanian, dan pengabdian.

Baca Juga: 20 Quotes Bijak dari Tokoh Terkenal, Buat Kamu yang Sedang Menghadapi Cobaan Hidup